Apa arti Covid-19 bagi penderita jantung atau peredaran darah?

YJI - 13 Apr 2020

Apa arti Covid-19  bagi penderita jantung atau peredaran darah?

Kita tahu bahwa saat ini adalah waktu yang menakutkan bagi banyak orang, terutama bagi yang bermasalah dengan kesehatan. Kebanyakan orang yang terinfeksi coronavirus (Covid-19) dengan gejala ringan dan membuat pemulihan penuh. Virus corona ini memang menyerang siapa saja, baik yang bermasalah dengan kondisi jantung dan peredaran darah maupun yang tidak.

Tapi jika Anda yang bermasalah dengan kondisi jantung, apalagi orang lanjut usia dengan penyakit jantung koroner dan hipertensi, bila terinfeksi COVID-19 bisa lebih sakit dan bisa mengembangkan gejala lebih parah. Itulah sebabnya sangat penting untuk melindungi diri dan selalu mengikuti saran pemerintah, untuk tetap #dirumahaja dan menghindari kontak sosial.


Kelompok "sangat rentan" dan Perlu di Rumah Saja.

Beberapa pasien jantung dianggap berisiko sangat tinggi terkena penyakit parah akibat coronavirus. Anda digolongkan sebagai sangat rentan (paling berisiko) jika :

  • Anda pernah menjalani  transplantasi  kapan saja, termasuk  transplantasi jantung.
  • Anda hamil dan memiliki penyakit jantung yang signifikan. Diidefinisikan oleh para ahli sebagai salah satu dari yang berikut: penyakit jantung koroner (jika Anda memiliki gejala), kardiomiopati hipertrofik (jika itu mempengaruhi fungsi jantung Anda), penebalan otot jantung (hipertrofi ventrikel kiri) yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, hipertensi arteri paru, katup jantung yang menyempit atau bocor jika ini sedang atau berat, gagal jantung yang memengaruhi fungsi ventrikel kiri Anda, penyakit jantung bawaan yang signifikan.
  • Jika Anda termasuk salah satu dari kelompok ini, Anda harus melindungi diri dengan tinggal di rumah, dan meminimalkan kontak dengan orang yang tinggal bersama Anda, selama 12 minggu ke depan.


Segera ke Rumah Sakit jika Merasa Kurang Sehat.

Jika Anda memiliki gejala coronavirus atau tidak, tetap penting untuk menghubungi 112. Juga jika memiliki gejala serangan jantung, tiba-tiba nyeri dada, menyebar ke lengan, punggung, leher, atau rahang, dan terasa berat atau kencang, atau jika menjadi sesak napas atau mulai merasa sakit.
 
Jangan ditunda karena berpikir rumah sakit pasti sibuk. Jika ditunda, kerusakan jantung  akan lebih serius dan membutuhkan perawatan intensif, serta perawatan di rumah sakit jadi lebih lama.

Anda juga harus segera menghubungi rumah sakit jika Anda memiliki tanda-tanda stroke, seperti wajah Anda terkulai di satu sisi, tidak dapat mengangkat kedua lengan ke atas, sulit berbicara. Anda juga harus menekan 112 jika mengalami kesulitan bernapas yang parah (seperti terengah-engah, tersedak, bibir membiru, atau tidak bisa mengeluarkan kata-kata.)

Cara menghindari coronavirus

Setiap orang perlu bekerja keras untuk tidak menangkap atau menyebarkan coronavirus Covid-19. Ini berlaku pada siapa saja, agar Kita tetap sehat dan tidak menyebarkannya kepada orang yang rentan. Itu berlaku terutama jika Anda berada dalam kelompok risiko tinggi atau sangat tinggi.
 

  • Anda harus melindungi diri sendiri dan orang lain dengan mengikuti insntruksi pemerintah.
  • Tinggal di rumah dan jaga jarak
  • Anda hanya bisa keluar untuk membeli makanan, untuk kebutuhan medis, untuk berolahraga sekali sehari, dan untuk bekerja jika ini benar-benar tidak dapat dilakukan dari rumah
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air sesering mungkin, termasuk ketika Anda kembali ke rumah - lakukan ini setidaknya selama 20 detik
  • Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu atau lengan baju Anda (bukan tangan Anda) ketika Anda batuk atau bersin
  • Masukkan tisu bekas ke tempat sampah segera dan cuci tangan sesudahnya
  • Sangat penting untuk tetap minum obat apa pun yang sudah diresepkan, bahkan jika Anda merasa tidak sehat. Minta seseorang untuk mengumpulkan resep Anda dari apotek jika perlu.
  • Anda mungkin diminta untuk tidak menghadiri janji ke rumah sakit pemeriksaan rutin Anda dan minta pengaturan waktu alternatif. 

-----------------------------