Bahaya Serangan Jantung Ke 2

Kominfo - 09 Sep 2021

Penyakit jantung masih merupakan penyebab kematian nomor 1 di seluruh dunia. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat, merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung.

Serangan jantung yang pertama adalah peristiwa serius yang dapat mengubah hidup, meskipun banyak yang selamat melaluinya. Kelangsungan hidup pasien jantung dapat bergantung pada seberapa banyak kerusakan yang terjadi dan seberapa cepat dapat diobati dengan pengobatan dan atau prosedur pembedahan.

Di masa pandemi seperti sekarang, dikhawatirkan banyak pasien jantung yang meninggalkan sistem perawatan kesehatan dan tidak mendapatkan perawatan lanjutan karena beberapa pasien sedikit kewalahan dengan hal-hal seperti prosedur, rehabilitasi jantung, diet yang harus dilakukan, bahkan mengatasi kecemasan atas virus Covid-19 yang masih melanda.

Untuk mengurangi risiko serangan jantung berulang, sangat direkomendasikan mengikuti saran profesional kesehatan mengenai pengobatan dan membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi faktor risiko termasuk berolahraga, konsumsi makanan sehat, menjaga berat badan, mengendalikan tekanan darah, dan menghindari rokok.

Jangan lupa segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat jika dirasa mengalami gejala masalah kesehatan jantung yang mendesak.

Jaga kesehatan kita, jaga jantung kita. Salam Jantung Sehat!