didukung oleh 

Menginspirasi orang lain untuk peduli pada gaya hidup sehat dan menghindari rokok, bisa dengan banyak cara. Salah satunya melalui postingan positif kalian di Instagram yang pasti akan diapresiasi oleh kawan-kawan, adik-adik kalian, serta para follower yang akan semakin terbuka wawasannya. Untuk itulah Yayasan Jantung Indonesia & #kerentanparokok mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta kompetisi vidgram antar SMA/SMK se-Indonesia yang sudah mempersembahkan karya terbaiknya tahun ini. Terima kasih gaes, kalian sudah menginspirasi kita semua dengan kreativitas yang luar biasa !

JUARA 1
MAS Al Quran La Raiba Hanifida
Jombang, Jawa Timur
@imamistighotsah

JUARA 2
SMAN 1 Pasuruan
Jawa Timur
@fiksis

JUARA 3
SMAN 16
Jakarta
@ridhorifansah

JUARA FAVORIT
SMA Negeri 1
Kabupaten Siak, Riau
@sman1siak

JUARA HARAPAN
SMA Negeri 3 Bone , Sulawesi Selatan
@andifarid21

JUARA HARAPAN
SMAN 1
Jakarta
@y.hafi31

JUARA HARAPAN
SMK ROSMA
Karawang
@ardii_ysh1822

JUARA HARAPAN
SMA Negeri 1 Majalengka
Jawa Timur
@zidanzr

JUARA HARAPAN
SMKN 51
JAKARTA
@syamsulrosyah

KETENTUAN LOMBA
  1. Konten video berisi wawasan tentang ajakan menjaga kesehatan jantung sejak remaja secara menarik dan kreatif, terutama mengangkat kampanye Panca Usaha “SEHAT” YJI.
  2. Video berdurasi 1 menit, dan diunggah di akun instagram resmi sekolah. Mention akun @jantungid dan @kerentanparokok
  3. Setiap videogram diakhiri dengan logo YJI & logo sekolah masing-masing.
  4. Video tidak mengandung unsur SARA, POLITIK, PORNOGRAFI, dan PROMOSI produk apapun.
  5. Video Merupakan Karya Asli Dan Dapat di Pertanggungjawabkan
  6. Video belum pernah dipublikasikan.
  7. Wajib follow @jantungid dan @kerentanparokok
  8. Gunakan tagar/hastag: #kompetisividgramyji #kerentanparokok #SEHATitukeren #rokokbikinsakithati #vidgramantarsma

PENILAIAN LOMBA:

  1. Sudut pengambilan gambar kreatif dan mudah dimengerti
  2. Info yang disampaikan benar (sesuai dengan info kesehatan yang tersedia di website YJI/Keren Tanpa Rokok) dan menarik.  WAJIB mencantumkan sumbernya.
  3. Karya harus orisinil dan tidak melakukan plagiat.Jika di kemudian hari ditemukan unsur plagiarisme, kemenangan bisa dibatalkan.
  4. Keputusan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Video-video juara menjadi hak milik YJI dan bisa diputar saat Perayaan Hari Tanpa Tembakau.

PERIODE LOMBA

  • PERIODE UPLOAD  1-31 APRIL 2018
  • PENGUMUMAN 25 BESAR 10 MEI 2018
  • PENGUMUMAN PEMENANG 18 MEI 2018

HADIAH:

  • JUARA 1 : 10 JUTA
  • JUARA 2 : 5 JUTA
  • JUARA 3 : 3 JUTA
  • 5 JUARA HARAPAN @RP 2.000.000,-
  • JUARA FAVORIT RP 3.000.000,-
  • 25 BESAR MENDAPAT PLAKAT.

JURI:

  1. Nia Dinata, Produser & Sutradara
  2. Ira Soenar Pulungan, Yayasan Jantung Indonesia
  3. Goenrock, Sinematografer
  4. Hary Roseno, Founder KOI Digital
  5. Eko Wahyu Tawantoro, Produser Eksekutif Kompas TV

 

SEHAT ITU KEREN…

Jaman dulu kita pernah membaca, banyak orang-orang tua yang meninggal karena serangan jantung. Tapi belakangan ini, kita juga beberapa kali membaca berita selebriti  usia muda yang meninggal karena serangan jantung.

Ada penyanyi, pemain sinetron belia,  politikus muda, dan bahkan atlet- atlet yang masih tergolong muda, terkena serangan jantung, bahkan meninggal karena serangan jantung atau meninggal karena gagal jantung. Ini baru yang seleb dan kabar kematiannya diberitakan kemana-mana, bagaimana dengan jumlah anak-anak muda biasa yang kematian akibat serangan jantungnya tak diberitakan di media? Pasti lebih banyak lagi jumlahnya.

 

Untuk itulah, sebagai anak muda yang cerdas, kita harus lebih berwawasan tentang kesehatan Jantung, baik sebagai pencegahan agar kita tak mati muda atau terkena serangan jantung diusia masih belia, juga agar bisa jadi penyebar pesan-pesan kesehatan jantung kepada keluarga, adik-kakak, sepupu-sepupu dan sahabat-sahabat di sekolah.

Menurut American Council On Science and Health, gejala yang biasa ditimbulkan untuk serangan jantung pada anak muda adalah adanya rasa tekanan pada dada, sesak napas, dan berkeringat dingin. Gejala ini memang bisa jadi tanda-tanda serangan panas, asma atau efek dari ledakan emosi. Namun secara bersamaan ini bisa didiagnosis sebagai serangan jantung. Apalagi jika ada tanda-tanda lain seperti nyeri dada, mual, nyeri rahang, dan muntah. Tetap waspada ya Gaes!

 

PENYEBAB SERANGAN JANTUNG PADA ANAK MUDA

Ada 3 penyebab serangan jantung kepada anak muda, yakni Penyakit Jantung bawaan sejak balita, Hypertrophic Cardiomyopathy, dan yang paling banyak terjadi adalah Penyakit Arteri Koroner.

 

Untuk dua yang pertama coba browsing deh, kita lebih penting bicara soal penyebab penyakit jantung yang ketiga.

 

Secara umum Penyakit Arteri Koroner atau penyumbatan  kolesterol pada pembuluh arteri yang berfungsi penting menjaga jantung tetap berdetak, adalah akibat gaya hidup yang buruk. Makan-makanan berkolesterol tinggi, tapi bergizi rendah, merokok, minum-minuman beralkohol, kurang berolahraga, polusi udara, hipertensi, dan kegemukan atau obesitas.

 

 

PANCA USAHA JANTUNG “SEHAT
Yayasan Jantung Indonesia, yang bergerak  terutama melakukan pencegahan terhadap Serangan jantung sering sekali melakukan kampanye kesehatan kepada masyarakat luas, juga kepada kita-kita para kaum muda. Kampanye kesehatannya mudah diingat, bro and sist,  yakni Panca Usaha “SEHAT”. Lima sikap yang harus kita lakukan agar Jantung tetap sehat, yakni kepanjangan dari kata SEHAT itu sendiri:

  1. Seimbangkan Gizi
  2. Enyahkan Rokok
  3. Hindari dan atasi stress
  4. Awasi Tekanan Darah
  5. Teratur Berolahraga

Seimbangkan Gizi. Yang pasti ini gaya hidup supaya kita menjaga agar jangan terlalu sering makan makanan yang berkolesterol tinggi, goreng-gorengan di kantin sekolah,  dan kalau bisa hindari makanan junk food, atau lengkapi jajanan kamu dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Kurangi juga minuman yang manis-manis, apalagi sekarang sedang happening tuh minuman manis di botol atau di gelas ukuran besar. Hati-hati juga obesitas atau kegemukan di waktu muda, karena resiko terkena serangan jantung jadi lebih besar dari mereka yang punya berat badan ideal.

Enyahkan Rokok. Rokok menjadi banyak penyebab penyakit di tubuhmu, termasuk penyakit Jantung. Dan ini sama sekali nggak membuatmu keren. Pernah mendengar Merokok adalah gerbang ke pintu Narkoba? Nah, usahakan hindari rokok dari usia muda, supaya tak menjadi kecanduan apalagi melangkah dan terjerumus ke pusara Narkoba, wah, hancur masa depanmu. Kecewa keluarga dan orang tuamu, dan yang pasti kamu akan menyusahkan banyak orang.

Hindari dan atasi stress. Semua orang pasti pernah mengalami stress. Kaum muda apalagi. Masalah pergaulan, masalah pelajaran dan tugas-tugas sekolah. Belum lagi berbagai kompetisi yang kita ikuti, bisa bikin rasa stres makin tinggi. Kalau tak bisa dihindari, kita bisa mengatasi stres, antara lain dengan membiasakan diri mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan jauh-jauh hari. Misalkan mempersiapkan diri menghadapi ulangan akhir semester, tugas-tugas makalah dan presentasi, mengikuti  kompetisi, menyiapkan acara di sekolah, dan sebagainya.  Jangan menunggu saat deadline baru mengerjakan, ini bakal memicu stres makin menekan jantung kita.

Awasi Tekanan Darah. Ini adalah perilaku cek ricek kesehatan. Pemeriksaan tekanan darah sering kita jumpai di berbagai acara, jangan ragu untuk memeriksakan kesehatanmu, terutama tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung.

Teratur Berolahraga. Nah kalau anak muda kan kegiatannya banyak, antara lain belajar, les bimbel, nonton, ikut lomba, ngerjain tugas, jalan-jalan, pesta, dan makan di luar. Bukan berarti karena banyak kegiatan sudah nggak perlu olahraga lagi lho. Tetap harus ada rutinitas kegiatan olahraganya, sedikitnya seminggu 3 kali. Kecuali kita memang mengambil ekstra kulikulernya yang sudah cukup menggerakkan seluruh tubuh. Misalkan Futsal, Basket, Paskibra, Cheer Leader juga Tari Saman.

Nah, jelaskan siapa yang bisa melakukan Panca Usaha “SEHAT”  Yayasan Jantung Indonesia di atas, maka kemungkinan kecil dia terkena serangan jantung mendadak.

 

KEREN TANPA ROKOK

Kalau  tadi kita menyinggung sedikit soal kalimat “Enyahkan Rokok” sebagai bagian dari Panca Usaha “SEHAT” Yayasan Jantung Indonesia, maka kita harus benar-benar waspada soal rokok ini. Iklan-iklan rokok selalu ditujukan kepada anak muda, karena mereka tahu jika sejak muda sudah merokok maka semakin dewasa dia akan makin sulit melepaskan diri dari candu rokok. Dan ini tentu keuntungan dari produsen rokok bukan?  Pasti, dan kerugian besarnya ada di diri kita, baik yang merokok atau pun teman-teman yang tidak merokok tapi terpapar asapnya yang juga berbahaya.

Dalam sebatang rokok ada sekitar 4000 bahan kimia yang siap merusak sel-sel tubuh perokok, dan para perokok pasif  atau yang terpapar asap rokok. 200 ribu orang meninggal setiap tahun karena penyakit akibat rokok. Bahkan dari data terkini,  20,3% remaja adalah perokok aktif. 78.1% anak sekolah terpapar asap rokok di tempat umum. 59% anak sekolah membeli rokok di warung tanpa ditolak meski di bawah umur. Gambar-gambar mengerikan dan peringatan serius akibat rokok yang sekarang wajib di tempel di bungkus rokok pun seakan tak membuat takut kawan-kawan kita yang sudah kecanduan rokok, untuk berhenti merokok.

Kenapa anak muda merokok? Awalnya karena iseng dan coba-coba lalu jadi kesenangan tersendiri. Bisa juga karena ikut-ikutan, atau biar kelihatan eksis dan gaya seperti aktor-aktor di film atau iklan rokok. Helooo… kamu tetap keren kok tanpa rokok. Tunjukkan prestasi di sekolah atau di kegiatan ekskulmu, kamu tetap akan jadi idola kawan-kawanmu. Ikuti berbagai kompetisi, termasuk Kompetisi Vidgram yang diadakan Yayasan Jantung Indonesia, kalau menang nama dan sekolahmu akan lebih dikenal, kalau pun ngga menang, wawasanmu bertambah. Uang jajanmu bisa ditabung dari pada membeli rokok, dan tabunganmu bisa membeli barang yang lebih membuatmu keren seperti, gadget, kamera, atau malahan bisa untuk pergi berlibur. Wajahmu sudah pasti lebih cantik dan ganteng tanpa paparan asap rokok dari mulutmu. Dan yang pasti bau badan dan keringatmu nggak akan ditambah dengan bau asap rokok menyengat yang bisa tercium dari abang-abang yang ada di terminal bus atau pasar.

Kelak kalau kamu punya pacar dan ortu pacarmu bertanya, “Kamu tidak merokok kan?” Kamu nggak bakal gugup, dan dengan kerennya bisa menjawab: “Ngga Oom/Tante, saya tidak merokok” Nah kan!

(Inka R. Perwata)

 

Note:
Tulisan ini hanya salah satu bahan untuk membantu kamu membuat video instagram “SEHAT itu keren” yang dilombakan oleh Yayasan Jantung Indonesia dan Keren Tanpa Rokok.