Profil Cabang Propinsi Sumatera Utara

 

A.KANTOR SEKRETARIAT

YJI Cabang Sumatera Utara mempunyai kantor sekretariat yang bersifat permanen yang dibangun dengan biaya bersama antara YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara dengan PERKI dan Cardiac RS. Adam Malik Medan.

Selain itu YJI Cabang Sumatera Utara juga mempunyai kantor sekretariat yang masih  menumpang yaitu di:

Gedung PKK Kota Medan.
Jalan Rotan Proyek Petisah No.4a
Kota Medan – Sumatera Utara.
Email : yjisumut@gmail.com  eka77ssl@gmail.com asusila@bumiputera.com

 

 B. SEJARAH DAN KEPENGURUSAN

Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Utara telah terbentuk sejak tahun 1994, Sejak berdirinya YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara, telah banyak berkiprah dalam memajukan YJI dan kesehatan masyarakat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Namun selama 10 tahun terakhir YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara tidak mempunyai kegiatan apapun, karena berbagai hal diantaranya adalah kesulitan pendanaan dalam menjalankan program YJI. Pada tanggal 27 Oktober 2014, dikukuhkan pengurus baru dengan harapan YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara dapat segera berbenah dengan semangat agar keberadaan organisasi mulia ini dapat segera tersosialisasi ke masyarakat Sumatera Utara. Berbagai Program telah dijalankan dengan titik berat pertama adalah menciptakan banyak pelatih muda yang akan mengembangkan organisasi ini dengan pembentukan Klub Jantung Sehat di beberapa daerah sehingga visi dan misi organisasi dapat segera terserap oleh masyarakat. Program pelatihan Pelatih untuk KJS dan KJR serta pelatihan olahraga Jantung Sehat terutama Senam Jantung Sehat terus dilakukan sehingga Klub Jantung Sehat terbuka dan KJS tertutup terus bermunculan di Instansi Pemerintah dan swasta demikian juga di beberapa Komunitas masyarakat Kelurahan dan kecamatan serta tidak lupa para pelatih terus mengembangkan KJS di beberapa Taman yang ada di Kota Medan dan sekitarnya.

Saat ini YJI Cab. Utama Sumatera Utara terus mengembangkan organisasinya dengan membentuk dan melantik beberapa Cabang Kab Kota di Provinsi Sumatera Utara, seperti Cabang Kota Tebing Tinggi yang telah dilantik pada bulan Agustus 2016 silam. Tahun ini YJI Cabang Utama Sumut akan mencoba membentuk 30 Kab/Kota se Provinsi Sumatera Utara. Dibawah kepemimpinan ketua Ir. Erwin Nasution, beberapa event Nasional seperti Festival Olahraga dan Rekreasi Nasional (FORNAS) ke III tahun 2015 telah diikuti dan meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara II Nasional Lomba Senam Hip Heart Remaja setelah sekian lama vakum akan aktifitas Daerah dan absen dikegiatan Nasional. Berbekal pengalaman dan semangat yang ada maka Tahun 2016 YJI Cab. Utama Sumut akhirnya kembali hadir di Pegelaran akbar Jambore Nasional KJS ke VI tahun 2016 di Bumi perkemahan Cibubur – Jakarta. Alhamdulillah setelah 2 kali absen di event lima tahunnan ini, akhirnya di pegelaran ke VI ini Sumatera Utara hadir dengan komposisi kontingen lengkap dan mengikuti semua cabang lomba dan kegiatan yang dilaksanakan. Berkat dukungan ketua dan pengurus serta disiplin berlatih, kembali Kontingen YJI Cab.Utama Sumut meraih prestasi terbaik dengan menyabet Juara II Nasional Lomba SJS Seri IV di Jamnas tersebut.

 

Di bidang pengembangan sumber daya Pelatih, Cab. Utama Sumut kembali menaruh perhatian serius terhadap pengembangan Pelatih KJS yang telah dilakukan sebanyak 2 kali yaitu tahun 2014 dan tahun 2015. Selanjutnya juga digelar Pelatihan Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) untuk seluruh guru olahraga SD dan SMP se Provinsi Sumatera Utara pada bulan April 2015 yang diikuti 100 orang peserta dan sampai saat ini banyak sekolah SD dan SMP di Kota Medan dan sekitarnya yang terus mengembangkan LTJS ini sebagai kegiatan olahraga di sekolahnya. Di bidang Remaja juga mendapat perhatian serius dimana telah dilakukan 2 (kali) pelatihan KJR tingkat Provinsi Sumatera Utara dan pelatihan Senam Hip Heart Remaja yang diikuti 280 siswa/wi SMA se Prov. Sumatera Utara.

 

Saat ini YJI Cab. Utama Sumut telah memiliki Pelatih Dasar sebanyak 75 orang, Pelatih Lanjutan 25 orang dan 3 orang Pelatih TOT. Serta 40 orang Pelatih KJR. Beberapa Pelatihan Pelatih KJS dan KJR dilaksanakan langsung oleh YJI Pusat berkerja sama dengan Cabang Utama Sumatera Utara. Kami juga mendapat apresiasi yang luar biasa ketika ditunjuk Ketua Umum menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordianasi Wilayah Barat untuk YJI Cab. Utama se Sumatera. Suatu kehormatan bisa terlibat langsung bersama dengan Panitia Pusat yang telah memiliki pengalaman nasional dan Alhamdulillah penyelenggaraan event yang pertama sekali itu berjalan sukses dan lancar serta mendapat apresiasi positif dari YJI Pusat dan peserta dari 10 Cabang Utama se Sumatera.

 

Tahun 2017 juga diawali dengan berita meninggalnya Ketua Cab. Utama Sumatera Utara Bapak Ir. Erwin Nasution  tentu ini menjadi kesedihan tersendiri mengingat begitu besar pengorbanan dan jasa Almarhum dalam memajukan YJI Cab.Utama Sumatera Utara hingga bisa semaju seperti sekarang ini, namun berkat semangat dan dukungan luar biasa yang selama ini diberikan, pengurus yang ada terus melanjutkan estafet kepemimpinan dan segera bangkit dari kesedihan. Ibu Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH sebagai Ketua I Cabang Utama Sumatera Utara kemudian menggantikan Kepemimpinan Alm. Ir. Erwin Nasution untuk memimpin YJI Cab. Utama Sumatera Utara. Salah satu program pertama yang digagas oleh Ibu ketua yang juga Ibu Walikot Medan adalah membentuk KJS Terbuka Lapangan Merdeka. Saat ini KJS Terbuka Lapangan Merdeka Medan adalah KJS terbuka terbesar di Sumatera Utara dengan jumlah anggota 2000 orang setiap Minggu Pagi pukul 06.30 wib di Lapangan Merdeka Medan. Bahkan saat ini keberadaan KJS Terbuka tersebut telah menjadi ikon kota medan selain KJS Terbuka PTPN IV sebagai cikal bakal KJS Terbuka di Sumatera Utara. Saat ini Kota Medan telah memiliki 8 KJS Terbuka dengan total peserta KJS sebanyak 6000 lebih tersebar di Kota Medan dan sekitarnya dan dilaksanakan serentak pukul 06.30 wib. Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sumatera Utara juga aktif dalam pemecahan rekor MURI Nasional seperti Senam Massal serentak se Indonesia dalam rangka HUT YJI ke 37 tahun 2014 dan event akbar pemecahan Rekor Dunia MURI untuk Pemeriksaan Kesehatan serentak di 10 kota besar se Indonesia dalam rangka peringatan Hari Jantung Dunia pada tahun 2016. Ini membuktikan bahwa pengurus Cab. Utama berupaya keras agar setiap kepercayaan yang diberikan Kantor Pusat dapat dilaksanakan dengan baik, sukses dan berdampak langsung kepada masyakarat dan pengembangan organisasi kedepannya. Tahun 2017 ini bahkan YJI Cab. Kota Tebing Tinggi telah melantik sekaligus 46 KJS tertutup di Kota Tebing Tinggi. Total saat ini YJI Cab. Utama Sumatera Utara telah memiliki 65 KJS tertutup serta 9 KJS Terbuka tersebar di seluruh Prov.Sumatera Utara. Menjadi program pengembangan organisasi oleh Ketua YJI yang baru untuk membentuk KJS di setiap Kecamatan dan Kelurahan se Kota Medan. Hal ini tentu akan semakin menguatkan keberadaan organisasi YJI Sumut kedepannya dan akan semakin banyak masyarakat yang akan teredukasi akan pentingnya menjaga kesehatan Jantung dan Pembuluh darah.

 

Kepengurusan Dari Periode ke Periode

Periode 1999-2002  berdasarkan SK Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Np 05/YI/Sk/1999 adalah:

NO JABATAN NAMA
1 Ketua Cabang Utama dr.T. Bachry Anwar Djohan, Sp. JP
2 Sekretaris Cab. Utama dr. A. Afif Siregar, SP.A.K
3 Wakil Ketua I Prof dr. Sutomo Kasiman, Sp.PD,KK
4 Wakil Ketua II Ny Nurlian Djoharuddin
5 Wakil Ketua III Ir. H. Imam Hersuroso
6 Wakil Sekretaris I Rahmat Prawirakusuma, SE
7 Wakil Sekretaris II dr. M. Syah Sinar Rambey
8 Bendahara Dra. Ny. Asrah Harun Lubis
9 Ketua  Bantuan Medis Prof dr. Harun Rasyid Lubis, Sp,PD,KGH
10 Wakil ketua dr. H.A. Adin St Bagindo, Sp.PD,KK
11 Bendahara dr. Nora Pardede, Sp.JP
12 Anggota dr. Yamin Wijaya, Sp.PD,Sp.JP
13 Anggota dr. Maruli Simanjuntak,Sp.JP
14 Anggota dr. Chairul Yoel, Sp.A.K
15 Anggota dr. Lutfi Latif, Sp.PD
16 Anggota dr. zulkifli Muchtar, Sp.JP
17 Anggota dr. H.T.M Yusup
18 Anggota dr. Isfanuddin, Sp.JP
19 Anggota dr. RMG Sidabutar, Sp.PD
20 Anggota dr. Haris Hasan, Sp.PD, Sp.JP
21 Anggota dr. Darulkutni Nasution, Sp.S
22 Anggota dr. Luhur Soeroso, Sp.P
23 Anggota dr. Adi Kusuma Aman, Sp.PK
24 Anggota dr. Harry Sudjatmiko, Sp.B.T
25 Ketua Penerangan dan Penyuluhan Drs.Jhon Tafbu Ritonga
26 Sekertaris Johan kesuma
27 Ketua Pengembangan dana Kencana Salim
28 Sekertaris 1 dr. Tumpal Napitupulu, MPH
29 Sekertaris 2 Syukran J. Tanjung SE
30 Ketua Bagian Umum Ny. Tati habib
31 Anggota Ny. Nurhayati
32 Anggota Ny. Yoenoes Alim
33 Ketua BPD Tingkat 1 KJS Prof. Drs. H. Sukarna, MA
34 Wakil ketua 1 dr.H. A Adin St. Bagindo, Sp.PD,KK
35 Wakil ketua 2 Drs. H. Hartono W
36 Wakil ketua 3 Dr. M. Mazhir Djalaloeddin, Sp.PD
37 Sekertaris Ny. Hj. Surbita Rahmad
38 Bendahara Ny. Widya
39 Ketua seksi latihan Drs. Hasan Lubis
40 Wk Ketua Seksi latihan Drs. Bakti Sitepu
41 Anggota Sa’ap
42 Anggota Nazlaini
43 Anggota Abd. Karim
44 Anggota Dra. Hafnizar Lubis
45 Anggota Suryono Sembiring
46 Anggota Drs. Tarsyad Nugraha
47 Anggota Drs. Alinafiah Siregar
48 Anggota H. Turman Hasibuan
49 Anggota dr. Zulfahri
50 Anggota Nn. H. Wati

 

 

Pengurus YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara Periode 2014-2019, berdasarkan SK Pengurus pusat Yayasan Jantung Indonesia Nomor 63/YJI/SK/X/2014.

NO JABATAN NAMA
1 Ketua Ir. Erwin Nasution
2 Sekretaris Cab. Utama Prof. dr. Abdullah Afif Siregar, Sp.A(K); Sp.JP(K)
3 Wakil Ketua I Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH
4 Wakil Ketua II Prof. Dr. Sutomo Kasiman, Sp.PD; Sp.JP(K)
5 Wakil Ketua III Drs. H. Musaddad, M.Si
6 Wakil ketua IV Drs. H. Eddy Sofyan Purba MAP
7 Wakil Sekretaris I Dr. Hj. Nina Zuliani, MARS
8 Wakil Sekretaris II dr. Sulhani Nurul Aini
9 Wakil Sekretaris III Dr. Andika Sitepu, Sp. JP
10 Wakil Sekertaris IV DR.Sofyan Silalahi
11 Bendahara Cab. Utama dr. Cut Aryfa Andra Sp. JP
12 Wakil Bendahara dr. Yuke Aristri
13 Ketua BPKJ Dr. Nazaruddin Siregar
14 Sekretaris Eka Susila, MT
15 Bendahara Retno W
16 Bidang  Pembinaan Organisasi BPKJ Dr. Ramadhan
17 Anggota Drg. Riza
18 Anggota Anshari
19 Anggota Drg. Alma Wirena
20 Pendidikan dan pengembangan Dr. Ratnawiyah Sirai
21 Anggota Dr. Dyan P Nugraheni Mkes
22 Anggota Silvia Abdila Nasution, SH
23 Anggota Norma Awal
24 Anggota Wahyu Sudami
25 Bid. Medis Dr. Abdul Halim, Sp.JP
26 Anggota Dr. Ali Nafiah Nasution Sp.JP
27 Bid. Pembinaan Remaja TI Oman Pasaribu
28 Anggota Shinta
29 Anggota Ade Pane
30 Anggota Abdul Karim Mazruk
31 Ketua KIE M.A Ghani
32 Anggota KIE Dr. Hilfan Ade Putra Lubis. Sp.JP
33 Anggota KIE Dr. Beldi Dimardi
34 Anggota KIE Yogie Suwanda
35 Kepala Bantuan Medis Dr. Lukman Hakim
36 Anggota Drg. Usma Polita
37 Anggota Dr. Edwin. MSc
38 Anggota DR. Endok Sudadio
39 Anggota Dr. Indra
40 Anggota Dr. Isfaduddin NK.SP. JP(K)
41 Anggota  Dr. Zulfikri Mukhtar, Sp.PD; Sp.JP(K)
42 Anggota Dr. Refli Hasan, Sp.PD;Sp.JP(K)
43 Anggota Dr. Parlindungan Manik Sp.JP(K)
44 Anggota Dr. Gunawan
45 Anggota Dr. Zainal Safri Sp.PD; Sp.JP(K)
46 Anggota Dr. Andre Ketaren, Sp.JP(K)
47 Ketua BPO Ade Hanafiah
48 Anggota Syahrul Aman Siregar
49 Anggota Dr. Nizam Akbar Sp.JP(K)
50 Anggota Drs. Bakti Sitepu
51 Anggota Dr. Anggia C. Lubis
52 Anggota Dr. Andi Khairul, Sp.JP
53 Ketua Pengembangan Dana Drs. H.M. Fitrius
54 Anggota Dr. Ferri Aulia
55 Anggota Kencana Salim
56 Anggota Dr. Rosihan Arbie
57 Anggota Dr. Nora CH Hutajulu Sp.JP(K)
58 Anggota Dr. Mutiara MKT
59 Anggota Prof. Dr. Abdul Majid Sp.PD;KKV

 

Berdasarkan SK Pengurus pusat Yayasan Jantung Indonesia Nomor 19/YJI/SK/V/2017 kepengurusan Pergantian Antar Waktu ( PAW ) YJI Cabang Sumatera Utara periode 2017 – 2019 adalah.

NO JABATAN NAMA
1 Ketua  Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH
2 Sekretaris Cab. Utama Dr. Hj. Nina Zuliani, MARS
3 Wakil Ketua I Prof. Dr. Sutomo Kasiman, Sp.PD; Sp.JP(K)
4 Wakil Ketua II Drs. H. Musaddad, M.Si
5 Wakil Ketua III Prof. dr. Abdullah Afif Siregar, Sp.A(K); Sp.JP(K)
6 Wakil ketua IV Drs. Zulkarnain, M.Si
7 Wakil Sekretaris I dr. Sulhani
8 Wakil Sekretaris II Asmalita,S.Psi
9 Wakil Sekretaris III dr. Indra
10 Wakil Sekertaris IV dr. Nazaruddin
11 Bendahara Cab. Utama dr. Cut Aryfa Andra Sp. JP
12 Wakil Bendahara dr. Yuke Aristri
13 Ketua BPKJ Eka Susila, MT
14 Sekretaris Nensi Susanti, SE
15 Bendahara Hartati, SE
16 Bidang  Pembinaan Organisasi Dr. Ramadhan Syah
17 Anggota Hafiz Yazid Lubis
18 Anggota Iin Rangkuti
19 Anggota Roida Tambunan
20 Anggota Khadijah
21 Anggota Ahkamil Hakim
22 Pendidikan dan pengembangan Supianto
23 Anggota Suzanna, SE
24 Anggota Maya Nova
25 Anggota drg. Hj. Alma Wirena
26 Anggota Khairul Fuad Maulana
27 Anggota Eko Adrianto
28 Bid. Pembinaan Remaja Juli Novita Sari Nasution
29 Anggota Sri Ramadhani, S.Pd
30 Anggota Poppy Fachrunisa Yus
31 Anggota Ikmal Mulya Lubis
32 Anggota Dirge Abrini Salsabina
33 Anggota Nurhasanah
34 Ketua KIE Syahrul Aman Siregar
35 Wakil Ketua Dr. Hilfan Ade Putra Lubis, Sp.JP
36 Anggota Dr. Abdul Halim, Sp.Jp
37 Anggota Nona Awal
38 Anggota Dr. Beldi Dimardi
39 Anggota Ade Rahmi Fadhilah
40 Anggota Sri Warni Harahap
41 Kepala Bantuan Medis Direktur RS. Adam Malik
42 Anggota Ka. Dinas Kesehatan Kota Medan
43 Anggota Dr. Edwin. MSc
44 Anggota Dr. Lily Mutiara
45 Anggota Dr. Isfanuddin NK. Sp.JP(K)
46 Anggota Dr. Zulfikri Mukhtar, Sp.PD; Sp.JP(K)
47 Anggota Dr. Gunawan
48 Anggota Dr. Nora Ch Hutajulu, Sp.JP(K)
49 Anggota Prof. Dr. Abdul Majid Sp.PD;KKV
50 Anggota Dr. Zainal Safri Sp.PD; Sp.JP(K)
51 Anggota Dr. Andre P Ketaren, Sp.JP(K)
52 Anggota Dr. Refli Hasan, Sp.PD;Sp.JP(K)
53 Anggota dr. Mukhlis
54 Anggota dr. Andika Sitepu, Sp.JP
55 Ketua BPO Ade Hanafiah
56 Anggota Marah Husin Lubis, SH
57 Anggota Drs. Hasan Basri
58 Anggota Renwat Parapat
59 Anggota Dr. Nizam Akbar, Sp.JP(K)
60 Anggota Dr. Anggia C. Lubis, Sp.JP
61 Anggota Dr. Andi Khairul, Sp.JP
62 Anggota Yurina Shahnan
63 Ketua Pengembangan Dana Didiet Mahardikada
64 Anggota Dahliana Sinulingga
65 Anggota Kencana Salim
66 Anggota Dr. Ferri Aulia
67 Anggota Dr. Rosihan Arbie
68 Anggota Mirnawati
69 Anggota Sri Ray

 

Dalam perkembangan terdapat pengurus yang telah meninggal dunia, mengundurkan diri dan tidak aktif sehingga diperlukan SK  baru dalam penggantian antar waktu pengurus cabang provinsi Sumatera Utara.

Gambaran pengurus YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara adalah sebagai berikut

 

 C. ASET

YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara memiliki asset cukup banyak selain gedung milik bersama juga peralatan kantor dan peralatan olah raga yaitu:

JENIS ASET KONDISI JUMLAH
1.      Kantor Cabut Baik
2.      Peralatan Kantor Baik 1 set
3.      Meja Baik 7 set
4.      Kursi Baik 40 set
5.      Komputer Baik 1 set
6.      Filing Kabinet/Lemari Baik 1 set
7.      Sound System Baik 1 set
8.      Wireless TOA Baik 3 set
9.      Wireless Portable Baik 4 set
10.  Printer HP Deskjet Baik 1 set
11.  Bendera Pataka Baik 1 set
12.  Standing Banner Baik 10 set
13.  Tensi Darah Baik 4 set
14.  Boneka Mainekin BHD Baik 10 set
15.  Alas BHD Baik 10 set
16.  Tempat Tidur Baik 80 set
17.  Kipas angin Baik 20 set
18.  White Board Baik 2 Set
19.  Meja Tulis besar Baik 6 Set
20.  Kursi Meja Baik 40 set
21.  Air Conditioner (AC) Baik 4 set

 

D. YJI CABANG KABUPATEN/KOTA DAN BPKJ

YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara baru memiliki 1 cabang Kota yaitu Cabang Kota Tebing Tinggi.

Alamat sekretariat (masih menumpang):

YJI Cabang Kota Tebing Tinggi
Kantor Dinas kesehatan Kota Tebing Tinggi
Jl. Leuser No 5 Tebing Tinggi
Sumatera Utara

Cabang Kota Tebing Tinggi adalah Cabang pertama sekali yang dilantik sejak dikukuhkannya kepengurusan YJI Cabut Sumut. Proses pembentukan YJI Cab. Kota Tebing Tinggi telah sesuai dengan AD/ART yang dimulai dari Penunjukan Tim Formatur lalu dilanjutkan beberapa rapat penyusunan Pengurus YJI Cab. Kota Tebing Tinggi. Setelah melewati beberapa tahap bimbingan Teknis dan aturan AD/ART akhirnya Ketua Cab. Utama Sumatera Utara menandatangani SK No.03/YJI/SU/VII/2016 tanggal 21 Juli 2016 tentang peresmian dan pelantikan Pengurus YJI Cabang Kota Tebing Tinggi Periode 2016 s.d 2020. Pengurus yang baru di SK kan akhirnya dilantik oleh Ketua YJI Cabang Utama Sumatera Utara pada tanggal 04 Agustus 2016 di Aula Pemda Kota Tebing Tinggi.

Sejak diresmikan sebagai Cabang YJI Kota Tebing Tinggi, para pengurus terus melakukan penguatan pengurus dan mengembangkan organisasi dengan mengirimkan beberapa pelatihnya untuk dilatih sebagai Pelatih KJS ke Provinsi. Atas inisiatif Pembina Cabang Kota Tebing Tinggi maka olahraga Senam  Jantung Sehat dijadikan olahraga wajib di semua SKPD dan setiap kecamatan sehingga akhirnya terbentuklah sebanyak 45 KJS di Kota Tebing Tinggi. Pelantikan secara sekaligus KJS terbuka dan KJS Tertutup di Kota Tebing tinggi langsung di lakukan oleh Bupati Kota Tebing Tinggi. Saat ini YJI Cabang Kota Tebing Tinggi telah memiliki 48 KJS dengan jumlah anggota sebanyak 2000 lebih masyarakat Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Kepengurusan YJI Cabang Kota Tebing Tinggi adalah sebagai berikut:

NO NAMA PENGURUS JABATAN
1 Dr. Muhammad Iqbal Ketua
2 H. Azhar Effendi Lubis, SE Wakil Ketua I
3 dr. Hasnah Siregar, M.Ked(PD), Sp.PD Wakil Ketua II
4 Ernawati Lubis, S.Pd, S.Kep, M.Kes Sekretaris
5 Sayed M. Budhi Darma Wakil Sekretaris I
6 Asrita Haizan Masdalifah SH, .Pd, Wakil Sekretaris II
7 Rio Affandi Siregar, S.Sos, MH Wakil Sekretaris III
8 Sri Wahyuni, AM.Keb Bendahara
9 dr. Asni Hayesi, M.Kes Wakil Bendahara I
10 Elly Demiaty, S.ST Wakil Bendahara II
11 dr. Johan Zen Ketua KIE
12 KOMPOL Hj. Marlina Novita Anggota KIE
13 Drs. H. Pardamean Siregar, M.AP Anggota KIE
14 Drs. Bambang Sudaryono Anggota KIE
15 Abdullah Sani Hasibuan Anggota KIE
16 Muhammad Sopian Anggota KIE
17 Hj. Suharni Lubis, SH Anggota KIE
18 Safimah Marani Anggota KIE
19 Arianto Simanjuntak, S.Sos, M.AP Anggota KIE
20 Rismanto Ketua BPKJ
21 drg. Nur Ashfiraihani Anggota BPKJ
22 dr. Irvan Dalimunthe Anggota BPKJ
23 Drs. Nasib Anggota BPKJ
24 Lily Chairani, S.Sos Anggota BPKJ
25 Hj. Ida Ardiana Siregar Anggota BPKJ
26 Nelce Kaloeti, S.Sos, M.Pd Anggota BPKJ
27 Selvia Yusriana HSB AM.Keb Anggota BPKJ
28 Elfrida Megawati AM.Keb Anggota BPKJ
29 dr. Nelson Situmorang, Sp.B Ketua Bantuan Medis
30 KOMPOL dr.Rommi Sebastian Anggota BM
31 dr. Nazrin B.Sitompul Sp.PD Anggota BM
32 dr. Syahrudin Sp.PD Anggota BM
33 dr. Heny Sri Hartati Anggota BM
34 dr. Reny Hidayani M.Kes Anggota BM
35 dr. Yohnly Boelian dachban Anggota BM
36 Dewi Mulyani, AM.Keb Anggota BM
37 Ns.Agus Muslim Ray, S.Kep Anggota BM
38 Sudarman, SH Anggota BM
39 Sumiati Nasution, S.Kep,Ns Anggota BM
40 Lasma Tambunan, S.Kep,Ns Anggota BM
41 Kepala Cab. Bank Mandiri nggi Ketua Pengembangan Dana
42 Kepala Cab. BNI Tebing Tinggi Anggota Pengembangan Dana
43 Kepala Cab. BRI Tebing Tinggi Anggota Pengembangan Dana
44 Kepala Cab. Bank Sumut Anggota Pengembangan Dana
45 Kepala Cab. BCA Tebing Tinggi Anggota Pengembangan Dana
46 Kepala Cab. BTPN T.Tinggi Anggota Pengembangan Dana

 

Adapun karakteristik Kepengurusan Cabang  Tebing  Tinggi saat ini berdasarkan umur, jenis kelamin dan pendidikan adalah sebagai berikut:

JABATAN UMUR SAAT INI

(TAHUN)

JENIS KELAMIN PENDIDIKAN
≤ 35 35-57 ≥58 L P SLTP KEBAWAH SLTA DIPLOMA+
1.    Pengurus Harian 0 10 0 4 6 0 0 10
2.    Anggota Pengurus 3 30 3 22 14 0 0 36
Jumlah 3 40 3 26 20 0 0 46

 

Aset yang dimiliki oleh YJI Cabang Kota Tebing Tinggi adalah:

JENIS ASET KONDISI JUMLAH
1.      Kantor Cabang Baik 1
2.      Peralatan Kantor Baik 1
3.      Meja Baik 4
4.      Kursi Baik 6
5.      Komputer Baik 1
6.      Filing Kabinet/Lemari Baik 1
7.      Mobil Ambulan Tidak ada
8.      Printer Baik 1

 

E.KONDISI DATA KJS / KJR

Sejak dikukuhkannya kepengurusan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 27 Oktober 2014 maka praktis kepengurusan periode 2014 s.d 2019 ini tidak mendapatkan warisan apapun baik sarana maupun administrasi organisasi dari kepengurusan sebelumnya yang telah vakum sekian lama. Kepengurusan yang telah dikukuhkan oleh Ketua Umum YJI Pusat ini kemudian bergerak cepat untuk kembali mengaktifkan beberapa Klub Jantung Sehat yang telah vakum sekian lama. Beberapa KJS yang masih aktif pun ternyata sangat memprihatinkan dari segi jumlah anggota yang sangat minim (dibawah 15 orang) kemudian ketiadaan sarana pendukung latihan termasuk administrasi KJS. Setelah memperhatikan kekurangan tersebut akhirnya pengurus memandang perlu untuk segera dilaksanakan pelatihan Pelatih KJS yang direkrut dari masyarakat umum, mahasiswa maupun dari beberapa KJS yang masih ada. Dari sinilah mulai muncul beberapa KJS baru hasil dari promosi dan road show BPKJ Prov. Sumut kebeberapa Instansi Pemerintah dan Swasta serta komunitas masyarakat yang ada di Kecamatan dan Kelurahan. Beberapa kantor seperti Bank Indonesia, PT.Telkom, Bumiputera, Puskesmas dan beberapa Kantor Perusahaan Swasta kembali bergairah untuk membuka KJS Tertutup. Kemudian atas inisiatif beberapa dokter Puskesmas kembali membuka KJS Terbuka di Puskesmas Polonia yang saat ini semakin berkembang bahkan sekarang telah dilantik resmi kepengurusannya serta menempati lokasi yang sangat mewah yaitu di pelataran Gedung Harmess Place Mall. Sebagai sarana menampung minat masyarakat Kota Medan yang terus bertambah akhirnya KJS Wisma Benteng yang sebelumnya hanya beranggotakan 12 orang, dengan kerja keras pengurus yang ada ditambah perbaikan dan pengadaan alat sarana latihan yang lengkap sehingga saat ini KJS Wisma Benteng yang berubah nama menjadi KJS PTPN IV telah memiliki anggota Ratusan orang dari masyarakat umum dan menjadi KJS percontohan untuk Sumatera Utara dengan program latihan, administrasi, sarana latihan serta pelatih yang handal. Prestasi akbar lainnya akan perkembangan KJS di Sumatera Utara adalah terbentuknya 45 KJS se Kota Tebing Tinggi yang telah dilantik oleh Ketua YJI Cab. Kota Tebing Tinggi tanggal 05 Februari 2017. Selain KJS PTPN IV, YJI Sumut saat ini juga memiliki beberapa KJS Terbuka yang baru terbentuk, seperti KJS Taman A. Yani dan juga KJS Pesisir Medan Utara di Mareland City.

Dibidang Klub Jantung Remaja (KJR), debut terbentuknya KJR di YJI Cabang Utama Sumatera Utara dimulai dari dibuatnya pelatihan KJR se Prov Sumatera Utara tahun 2014 yang diikuti 30 Peserta, selanjutnya adik-adik KJR yang telah mengikuti pelatihan tersebut ditugaskan membuat pelatihan Senam Hip Heart Remaja seri I se Kota Medan pada tanggal 26 Januari 2015. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Medan, Alhamdulillah Pelatihan Senam Hip Heart Remaja seri I tersebut berhasil melatih 280 peserta Siswa/wi SMA dari 30 SMA se Kota Medan. Dari 30 sekolah tersebut akhirnya terbentuk 26 KJR di sekolah-sekolah SMA se Kota Medan.

Saat ini BPKJ Prov Sumatera Utara telah memiliki Klub Jantung Sehat Terbuka yang terbaru yaitu KJS Lapangan Merdeka sebagai KJS Terbuka terbesar se Sumatera Utara. KJS Lapangan Merdeka digagas langsung oleh Ibu Walikota Medan yang juga Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cab. Utama Sumatera Utara yaitu Ibu Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH. Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan, KJS Lapangan Merdeka saat ini melaksanakan latihannya setiap Hari Minggu Pagi pukul 06.30 Wib di Lapangan Merdeka Kota Medan yang dihadiri langsung setiap Minggunya oleh Bapak Walikota Medan beserta Wakil Walikota dan seluruh Jajaran Pemko Medan, SKPD, Camat, Lurah hingga Kepala Lingkungan dan tentunya masyarakat Kota Medan dan sekitarnya. Setiap minggunya peserta yang hadir di Lapangan Merdeka mencapai ribuan peserta dengan berseragam KJS Merah Putih dan Senam Jantung Sehat.

Jumlah Korcam/KJS dan KJR yang dimiliki :

 

1 JumlahKorcam 1
2 Jumlah KJS

a.       KJS Terbuka

b.      KJS Tertutup

 

9

65

3 Jumlah KJR 28

 

Adapun karakteristik kepengurusan Korcam, KJS/KJR adalah sebagai berikut:

 

Pengurus Korcam Menurut karakteristik Umur, Jenis Kelamin dan Pendidikan

 

Korcam

Umu saat ini

(Tahun)

Jenis Kelamin Pendidikan
≤ 35 35-57 ≥58 L P SLTP kebawah SLTA Diploma+
1.  PengurusHarian 5 1 4 1 4
2.  AnggotaPengurus 10 3 7 4 6
Jumlah 15 4 11 5 10

 

Pengurus Klub Jantung Sehat Menurut karakteristik Umur, Jenis Kelamin dan Pendidikan

 

Klub Jantung Sehat

Umur saat ini

(Tahun)

JenisKelamin Pendidikan
≤ 35 35-57 ≥58 L P SLTP kebawah SLTA Diploma+
3.    PengurusHarian 104 192 72 224 120 176
4.    AnggotaPengurus 380 360 200 540 233 407
Jumlah 484 492 272 764 353 583

 

Pengurus Klub Jantung Remaja Menurut karakteristik Umur, Jenis Kelamin dan Pendidikan

 

Klub Jantung Remaja

Umur saat ini

(Tahun)

Jenis Kelamin Pendidikan
≤ 35 35-57 ≥58 L P SLTP kebawah SLTA Diploma+
1.    Pengurus Harian 84 32 52 82 2
2.    Anggota Pengurus 90 36 54 90
Jumlah 174 68 106 172 2

 

Jumlah Anggota KJS dan KJR Menurut Status Terdaftar

NO JUMLAH KJS TERDAFTAR TIDAK TERDAFTAR
1 Jumlah Anggota KJS 3.700 2.000
2 Jumlah Anggota  KJR 654 500

 

F. PELATIH

YJI Cabang Provinsi Sumatera Utara memiliki IPKJ dengan alamat sekretariat di Jl. Rotan Proyek Petisah No 4 a, Medan Petisah. Adapun jumlah pelatih sebanyak 98 dengan kategori sebagai  berikut:

 

Pelatihan Yang diikuti Umur Pendidikan JenisKelamin
< 40 th 40 th> 58 th> < SLTP SLTA Dipl+ L P
P0 8 4 6 6 4 8
P1 2 2 2
TOT 0
TOTAL 8 6 6 8 4 10

 

Pengurus IPKJ saat ini adalah:

NO NAMA PENGURUS IPKJ JABATAN NOMOR  TELPON/HP
1 Nensi Susanti, SE Ketua IPKJ Prov. Sumut
2 Suzanna, SE Sekretaris
3 Sri Ramadhani, S.Pd Bendahara
4 Hafiz Yazid Lubis Ketua Bidang Latihan
5 Nurhasanah Anggota Bid. Latihan
6 Afni Chaniago Anggota Bid. Latihan
7 Ahkamil Hakim Ketua Bid Sarana
8 Fuad Anggota Bid. Sarana
9 Emi Anggota Bid. Sarana
10 Juli Novita Sari Ketua Bidang Organisasi
11 Iin Rangkuti Anggota Bidang Organisasi
12 Nuzuli Anggota Bidang Organisasi
13 Poppy Fachrunisa Yus Ketua Bidang Humas & Seni
14 Hikmal Lubis Anggota Bidang Humas & Seni

 

Adapun jumlah pelatih di Provinsi ini sebanyak 98 orang dimana 75 orang telah mengikuti Pelatihan P0, 20 orang mengikuti pelatihan P1 dan 3 orang mengikuti pelatihan ToT. Dari 98 pelatih tersebut sebagian besar berusia 35-75 tahun, berjenis kelamin perempuan dan berpendidikan Diploma keatas. Karakteristik pelatih yang demikian merupakan keuntungan, karena mereka mempunyai kompetensi sebagai pelatih dan juga sebagai penyuluh lapangan yang handal karena pengetahuan yang dimiliki cukup baik.

 

PELATIH DG KOMPETENSI UMUR SAAT INI

(TAHUN)

JENIS KELAMIN PENDIDIKAN
≤ 35 35-57 ≥58 L P SLTA DIPLOMA+
1.      P0 25 50 25 50 20 55
2.      P1 20 20 5 15
3.      ToT 2 1 3 0 1 2
Jumlah 25 72 1 28 70 26 72

 

IPKJ juga memiliki asset terutama yang berkaitan dengan peralatan untuk pelatihan senam dan pemeriksaan kesehatan. Aset IPKJ Sumatera Utara meliputi:

 

JENIS ASET KONDISI JUMLAH
1.      Kantor Cabut Baik
2.      Peralatan Kantor Baik 1 set
3.      Meja Baik 1 set
4.      Kursi Baik 1 set
5.      Komputer Baik 1 set
6.      Filing Kabinet/Lemari Baik 1 set
7.      Wireless / Sound Baik 2 set
8.      Tensi Meter Baik 2 set
9.      Meteran Body Baik 1 set
10.  Timbangan Berat Badan Baik 1 set
11.  Standing Banner Baik 6 set