Posted Thursday May 17, 2018 by yayasan jantung Indonesia

 

Jakarta, 7 Mei 2018. Hari ini salah satu sutradara dan produser ternama di Indonesia, Nia Dinata, berbagi ilmunya tentang videografi kepada siswa-siswi peminat videografi di Jakarta. Workshop videografi yang diselenggarakan oleh Yayasan Jantung Indonesia ini memang dalam rangka mendukung kompetisi Video Instagram ‘SEHATItuKeren’ yang ditujukn bagi pelajar tingkat SMA/SMK.

Setelah era Blog hampir 10 tahun menguasai khasanah literasi Indonesia, dua tahun terakhir ini banyak orang, terutama anak-anak muda yang beralih ke Vlog, dan media-media video yang dirasa lebih mudah dan cepat dibuatnya. Ini tentu saja ditunjang juga oleh semakin canggihnya smartphone atau alat komunikasi genggam yang cerdik dengan kapasitas yang semakin besar, dengan fitur pembuat video beragam, sehingga setiap orang bisa membuat video pendek, mengedit, dan menyimpannya tanpa takut hape atau telepon genggamnya lemot.

Urusan mengupload atau mengunggah di media sosial menjadi kebanggaan tersendiri. Ada yang hanya sesaat lalu terhapus seperti di snapchat, Instagram story, juga di Facebook stories. Video berdurasi rata-rata per 15 detik ini, dalam 24 jam akan terhapus. Berbeda dengan video pendek yang memang ingin disimpan, bisa di Instagram, facebook, youtube, juga vlog pribadi.

“Banyaknya minat pembuat vlog, video Instagram, tutorial video di youtube, dan lainnya, sayangnya tidak dibarengi pengetahuan dan kreativitas yang memadai. Padahal dengan beberapa trik saja, video pendek yang dibuat bisa lebih bagus, lebih menarik, dan kreatif”, ujar Nia Dinata. Sehingga dapat menggiring orang merasa tertarik dan perlu untuk subscribe youtube, mem-follow media sosial, atau menunggu-nunggu video yang akan diunggahnya.

Workshop Videografi bersama Nia Dinata
Dengan adanya kepedulian agar kita yang suka membuat vlog, atau agar adik-adik siswa SMA/SMK bisa membuat video pendeknya dengan lebih baik, lebih kreatif, informatif dan memanfaatkan kepekaan membuat video agar lebih menarik, menggandeng Produser dan Sutradara terkenal, Nia Dinata, yang film-filmnya telah banyak menyabet penghargaan antara lain ARISAN, Janji Joni, Berbagi Suami, Ca Bau Kan, dan banyak lagi, untuk membuat workshop videogram pada hari ini, Senin, 7 Mei 2018 di Yayasan Jantung Indonesia.

Mudah-mudahan trik-trik sederhana tapi ampuh, tentang bagaimana membuat shortmovie atau film pendek yang baik dan menarik dari seorang Nia Dinata, bisa menghasilkan karya-karya hebat dan bertanggung jawab dari anak-anak muda Indonesia.

Sebagai catatan tambahan, Nia Dinata juga menjadi salah satu dari 5 juri untuk kompetisi videogram Yayasan Jantung Indonesia bertema “SEHAT itu Keren” yang kini sedang berlangsung hingga 20 Mei 2018.
SEHAT yang dimaksud di sini adalah Panca Usaha Jantung Sehat yang selalu digaungkan oleh Yayasan Jantung Indonesia, yaitu Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan atasi stres, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga (SEHAT). Jadi para peserta diharapkan kreatif dalam menyampaikan pesan SEHAT untuk para pelajar atau pemuda dalam sebuah video instagram.

Kompetisi Videogram Yayasan Jantung Indonesia
Yang juga menarik, sekarang lomba membuat short movie, videogram, atau lomba vlog, mulai sering diadakan dengan hadiah yang tidak sedikit. Mengamati momentum, untuk itulah lomba videogram ini diadakan oleh Yayasan Jantung Indonesia bersama #kerentanparokok bagi siswa-siswi SMA/SMK di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah agar sedini mungkin kesadaran dan kepedulian akan gaya hidup sehat dapat dituangkan dalam kreasi video dan menularkan teman-teman remaja sebayanya untuk berbuat yang sama.

Total hadiah 32 juta dan produk dari Sponsor

Juara 1 : 10 Juta
Juara 2 : 5 juta
Juara 3 : 3 juta
5 juara harapan @Rp 2.000.000,-
Juara Favorit Rp 3.000.000,-

Bagi 25 besar akan mendapatkan plakat dan hadiah khusus dari Sponsor

Leave a Reply