Posted Tuesday March 26, 2019 by Divisi Kominfo

Mereka yang telah berhasil menghentikan kebiasaan merokok, angka harapan hidupnya dipastikan akan meningkat

Rokok adalah salah satu permasalahan kesehatan terbesar di Indonesia. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, M. Subuh, jumlah perokok aktif sudah mencapai lebih dari sepertiga penduduk atau 36,4% dari total penduduk Indonesia. Jumlah ini masih ditambah lagi dengan perokok pasif yang tiap hari ‘dipaksa’ menghisap asap rokok dari perokok di sekitarnya. Padahal rokok menjadi penyebab terbesar dari penyakit berbahaya seperti jantung, paru-paru dan kanker. Melihat bahaya rokok terhadap kesehatan, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mencegah datangnya penyakit. Sekaligus meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Namun bagi perokok aktif, berhenti merokok tidaklah semudah membalik telapak tangan. Sebagian besar mereka yang berusaha berhenti merokok akan kembali merokok, meski sudah melakukan banyak upaya. Apalagi tubuh sudah cukup lama kecanduan rokok sehingga untuk berhenti tentunya tidak gampang. Selama 3 hari pertama berhenti merokok, seorang perokok umumnya akan lebih sering batuk yang merupakan cara tubuh mengeluarkan racun. Secara mental, mantan perokok akan lebih mudah tersinggung, menggerutu dan mudah gelisah.

METODE EFEKTIF BERHENTI MEROKOK Berhenti merokok memang tidak mudah, tapi ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membantu proses menghentikan konsumsi rokok. Bila harga sebungkus rokok Rp 20 ribu dan Anda merokok sebungkus sehari, maka dalam setahun Anda bisa menabung sebesar Rp 7,2 juta. Pada banyak orang, keuntungan finansial ini dapat menjadi faktor pendorong kuat untuk berhenti merokok.

 •  Dukungan keluarga & teman, umumkan pada keluarga, teman, rekan kerja dan kerabat kalau Anda berniat berhenti merokok. Dorongan dari lingkungan terdekat akan memberi efek positif dalam usaha berhenti merokok.

 •  Aktivitas fisik, perbanyak olah raga ringan seperti berlari dan yoga yang bermanfaat untuk mengedalikan keinginan merokok.

•  Menggosok gigi, cobalah untuk lebih sering menggosok gigi yang diketahui dapat menurunkan keinginan untuk merokok.

•  Terapi pengganti nikotin (NRT), Inhaler, semprotan hidung, pelega tenggorokan, gusi dan patch kulit yang mengandung sedikit nikotin dalam jumlah terukur, memang dirancang untuk membantu perokok mengatasi kecanduannya.

•  Resep dokter, konsultasikan keinginan berhenti merokok dengan dokter yang dapat memberi resep obat yang tepat

Leave a Reply