Posted Wednesday February 27, 2019 by yayasan jantung Indonesia

Kepedulian masyarakat akan kesehatan jantung masih kurang, oleh sebab itu YJI mencoba menjemput bola dengan mendatangi tempat-tempat keramaian untuk berkampanye atau bersosialisasi. Mulai dari sekolah, perkantoran sampai dengan tingkat kelurahan atau door to door,  salah satunya yaitu YJI hadir ke kantor Harian Kompas melalui program Heart at Work dengan tema yang diusung adalah “Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung Sehat”. Selasa (26/02/2019).

Edukasi menampilkan pembicara dr Vito Anggarino Damay SpJP (K) MKes FIHA FICA. Menurut Vito, kesehatan jantung dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu memeriksakan kesehatan jantung. “Tidak perlu takut,” ujar Vito. Lebih baik mengetahui lebih dini gangguan pada jantung dan melakukan langkah-langkah seperti berolahraga atau meminum obat. Daripada kemudian harus menjalani tindakan seperti pemasangan ring.

Menurut Mela Sabina, Ketua bidang Komunikasi YJI “Peduli kesehatan jantung harus dari sekarang, dan mulai dari diri kita terlebih dahulu baru menolong orang lain”.

Selain mendapatkan edukasi paparan tentang gaya hidup sehat, peserta juga banyak mendapatkan manfaat salah satunya bagaimana cara mengatasi jika orang yang berada di dekat kita terkena serangan jantung, juga bagaimana cara melakukan olahraga meskipun dengan tempat yang terbatas agar tubuh tetap bugar.

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kepada karyawan harian kompas, adapun pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, EKG , hingga konsultasi dengan dokter jantung.

 

(KIE)

Leave a Reply