Posted Saturday March 16, 2019 by Divisi Kominfo

Cek Tekanan Darah Mandiri

Pengukuran tekanan darah secara mandiri di rumah merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pengendalian tekanan darah seorang penderita hipertensi.

Sekarang ini banyak dijual di pasaran alat pengukur tekanan darah yang praktis dan mudah digunakan namun akurat.

Beberapa manfaat pemeriksaan tekanan darah mandiri:

  1. Membantu diagnosis hipertensi lebih dini, terutama jika Anda masuk di dalam kelompok resiko tinggi seperti diabetes atau prehipertensi yang terdeteksi pada pemeriksaan sebelumnya.
  2. Konfirmasi diagnosis adanya hipertensi. Nilai tekanan darah dapat bervariasi sehingga nilai tekanan darah yang tinggi di klinik atau rumah sakit terkadang perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan di rumah yang lebih mencerminkan kondisi sehari-hari Anda. Dalam dunia kedokteran dikenal istilah white coat hypertension, yakni kondisi tekanan darah seseorang didapati tinggi jika diukur di depan dokter namun menjadi normal jika diukur di rumah. Rasa cemas ketika berada di rumah sakit dapat mempengaruhi hasil tekanan darah.
  3. Monitoring pengobatan juga dapat dibantu oleh pemeriksaan tekanan darah mandiri. Anda melakukan pemeriksaan, mencatat hasilnya kemudian berdasarkan data tersebut berdiskusi dengan dokter mengenai perlu atau tidaknya dosis atau jenis obat disesuaikan. Perlu diingat bahwa pemeriksaan mandiri ini harus dilakukan sesuai dengan tata cara yang telah diinstruksikan oleh dokter atau tenaga kesehatan, serta bukan berarti Anda dapat memodifikasi terapi tanpa konsultasi terlebih dahulu.
  4. Meningkatkan kedisiplinan untuk terus menjalankan gaya hidup yang sehat serta mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Mengurangi biaya kesehatan karena monitoring rutin cukup dilakukan sendiri di rumah setiap hari dan kemudian datanya didiskusikan pada saat berkonsultasi dengan dokter.

Walaupun pemeriksaan tekanan darah mandiri dapat menjadi bagian yang penting dalam pengobatan hipertensi, penggunaannya harus bertanggung jawab dan didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga kesehatan. Banyak tipe alat ini yang tersedia di pasaran dan untuk beberapa orang mungkin membutuhkan alat khusus sesuai dengan kondisinya. Jangan ragu-ragu untuk menyuarakan pertanyaan Anda saat berkonsultasi dengan dokter.

Ketahui_Tekanan_Darah_Anda

sumber : dr. Siska Suridanda Danny

Leave a Reply