Posted Saturday October 11, 2014 by YJI Socmed Team

Strategi Tepat Berhenti Merokok

Banyak perokok menyadari bahaya rokok dan berniat untuk berhenti. Tapi yang terjadi, perokok terpaksa menyerah ditengah jalan karena susah sekali mencegah keinginan untuk menghisap rokok. Berhenti merokok memang bukan hal mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ayo jangan berhenti mencoba dengan mengikuti strategi di bawah ini..

Tetapkan Waktu Berhenti
Tetapkan waktu berhenti merokok akan dilakukan dalam dua minggu ke depan. Maksudnya, agar Anda memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri tanpa kehilangan motivasi untuk berhenti.

Umumkan Keinginan Anda
Orang-orang terdekat wajib tahu keinginan Anda untuk berhenti merokok. Mintalah mereka untuk mendukung keputusan itu dengan cara minta diingatkan target dari berhenti merokok dan manfaat kesehatan yang didapat. Minta juga pada mereka untuk tidak merokok di depan Anda atau tidak meninggalkan rokok di sekitar Anda.

Atur Strategi
Jika keinginan merokok masih terus muncul karena dipicu kebiasaan seperti minum kopi sambil ditemani sebatang rokok, atur strategi agar keinginan itu berhasil diredam. Coba ganti kopi dengan teh. Mengulum permen bisa juga dijadikan solusi. Lakukan kesibukan yang terkait pekerjaan atau hobi agar fokus pada rokok bisa hilang

Jauhi Bau Rokok
Buang semua hal yang terkait dengan rokok entah itu asbak, korek api, atau bungkus rokok yang tersisa. Lakukan juga bersih-bersih pada baju atau pakaian yang berbau rokok, karpet, gorden, dan perabotan lain yang dibuat dari kain yang dapat menyerap bau rokok. Gunakan pengharum dan penyegar ruangan untuk menghilangkan bau rokok. Bau rokok dapat merangsang Anda untuk kembali merokok

Olahraga
Rasa sesak akibat merokok dan dirasa ketika berolahraga, bisa membantu Anda untuk benar-benar berhenti merokok. Berolahraga juga dapat membuat Anda lupa pada keinginan untuk merokok.

Lakukan Evaluasi
Jika usaha untuk berhenti merokok kerap gagal, coba lakukan evaluasi. Dimulai dari pertanyaan apa penyebab dan kapan Anda mulai merokok? Apakah Anda merokok hanya setelah makan siang atau saat sedang stres? Tanyakan juga apa yang menyebabkan Anda gagal. Berhasil menjawab pertanyaanpertanyaan tersebut akan membantu Anda mengklarifikasi apa yang dilakukan untuk berhasil berhenti merokok.

image by viralsneak.com

Leave a Reply