Posted Monday March 18, 2019 by YJI Socmed Team

Ini dia Beberapa Faktor Pemicu Jantung Koroner !

Jantung adalah sebuah organ yang memompa darah ke seluruh tubuh. Agar tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Namun, bila aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak maka seseorang tersebut dikatakan mengalami penyakit jantung koroner. Jantung koroner adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis.

Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Bila seseorang sering merasakan gejala seperti nyeri pada dada bagian tengah dan menjalar hingga ke lengan kiri atau bahkan leher dan punggung, terasa mual, dan berkeringat dingin maka bisa jadi dia menderita penyakit jantung koroner. Faktor pemicu jantung koroner meliputi:

Kadar Kolesterol yang tinggi dalam darah sebagai akibat mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.

 Gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang dimaksud di sini adalah kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol, tidur yang larut malam, dan malas berolahraga. Semua faktor ini juga dipercaya bisa memicu terjadinya jantung koroner.

• Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga merupakan penyebab penyakit jantung koroner bahkan juga mengakibatkan komplikasi lain. Salah satu penyebab munculnya tekanan darah tinggi juga dipengaruhi oleh emosi. Sehingga ada baiknya juga kerap mengontrol emosi agar terbebas dari pembunuh nomor satu ini.

 Faktor keturunan dan riwayat penyakit kronis seperti hipertensi, kolesterol, dan diabetes mellitus. Penyebab jantung koroner salah satunya ialah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah.

• Obesitas (kelebihan berat badan) juga bisa menjadi penyebab tidak langsung dari agresi jantung koroner.

• Usia dan jenis kelamin. Selama kita hidup, maka selama itu juga jantung kita berfungsi. Jantung terus bekerja memompa darah. Sama seperti mesin kendaraan yang lama digunakan dan terus-menerus, maka akan semakin menurun fungsinya. Sama juga dengan jantung akan mengalami hal tersebut. Oleh karena itulah faktor umur berpengaruh pada kesehatan jantung. Biasanya penderita penyakit jantung akan berusia sekitar 65 tahun dan penderita pada pria juga lebih banyak dari penderita wanita.

Jantung koroner bisa dikatakan penyakit yang sulit diatasi. Tetapi hal ini bisa dikontrol, dengan cara alami dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Karena seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak ada salahnya kita terapkan pepatah tersebut. Cara alami yang disarankan untuk para pengidap jantung koroner antara lain tidak merokok, tidak meminum minuman keras, melakukan olah raga ringan secara rutin, serta mengkonsumsi makanan-makanan yang rendah kolesterol.

Demikianlah pembahasan mengenai faktor pemicu dan beberapa cara mengontrol jantung koroner yang disajikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply