Posted Monday February 11, 2019 by YJI Socmed Team

Gejala Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh yang akirnya akan mengakibatkan gangguan sistem pada metabolisme tubuh. Penyakit diabetes ini menurut beberapa sumber tidak dapat disembuhkan, namun kadar gula dalam darah ini sendiri bisa dikontrol. Penyakit diabetes juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh kekurangan sebuah zat yang bernama insulin, insulin sendiri merupakan sebuah zat yang digunakan untuk mengolah zat gula dalam darah yang hasil akirnya berupa energi. Insulin sendiri di produksi dalam pankreas. Orang yang menderita penyakit diabetes biasanya makanan yang telah ia konsumsi tidak akan berpengaru apapun, karena kadar gula dalam darah tidak dapat di proses menjadi energi secara normal, bahkan biasanya akan mengalami peningkatan. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan hiperglikimia atau terjadinya akumulasi (penumpukan) glukosa yang ada di dalam darah.

Ada beberapa gejala penyakit diabetes yang bisa anda gunakan untuk mengetahui tanda-tanda penyakit sejak dini. Hal ini sangat berguna agar anda bisa mengontrol kadar gula dalam darah yang bisa mencegah penyakit diabetes pada tubuh anda. Berikut beberapa gejala penyakit diabetes yang umunya dirasakan oleh para penderita.

Gejala penyakit diabetes tipe satu(awal)

1. Sering buang air kecil

Gejala penyakit diabetes biasanya di tandai dengan seringnya buang air kecil. Kondisi seperti ini disebabkan oleh ginjal yang ingin membersihkan kelebihan kadar glukosa dalam darah yang akhirnya akan menyebabkan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

2. Mudah haus

Gejala yang selanjutnya adalah meningkatnya keinginan untuk minum karena selalu merasa haus. Hal ini masih berkaitan dari gejalla penyakit diabetes sering buang air kecil. Meningkatnya buang air kecil sehingga tubuh menjadi kekurangan banyak cairan. Hal inilah yang menyebabkanya jadi mudah haus.

3. Turunnya berat badan

Gejala penyakit diabetes yang selanjutnya biasanya ditandai dengan dengan turunnya berat badan. Hal ini karena tubuh tidak bisa memproses glukosa secara normal untuk menghasilkan sebuah energi dan memecah otot-otot cadangan pada lemak menjadi energi untuk sel yang lapar.  Meskipun penderita memiliki nafsu makan yang baik, biasanya berat badan sangat sulit untuk bertambah.

4. Mudah lelah

Gejala penyakit diabetes yang ke empat biasanya ditandai dengan kondisi yang mudah sekali mengalami kelelahan. Hal ini karena para penderita kekurangan energi yang dilakukan untuk melakukan aktivitas karena tubuh tidak mampu memproses dengan normal  glukosa menjadi sebuah energi.

Itulah beberapa gejala penyakit diabetes tingkat pertama yang menjadi awal terjadinya sebuah penyakit diabetes. Dengan mengetahui gejala-gejala penyakit diabetes ini diharapkan anda akan mudah untuk mengidentifikasi apa yang sedang terjadi. Memang penyakit ini sangat sulit untuk disembuhkan, namun kita bisa mengontrol glukosa yang ada dalam tubuh.

Leave a Reply