Posted Saturday January 26, 2019 by YJI Socmed Team

Ingin jantung tetap kuat cobalah 6 makanan sehat ini

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh No.1 di dunia, walaupun selama beberapa tahun terakhir angka jumlah kematian telah menurun tapi momok penyakit kardiovaskular ini masih menghantui semua orang.

Ada berbagai cara dalam mencegah penyakit jantung, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Pada kesempatan ini kita akan membahas makanan apa saja yang merupakan makanan sehat untuk jantung agar terhindar dari serangan jantung dan stroke.

1. Salmon

Ikan salmon dan ikan berlemak sehat lainnya seperti ikan sarden dan makarel adalah makanan sehat untuk jantung. Karena daging ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Dalam sebuah penelitaian menunjukan bahwa pengonsumsian ikan salmon dapat menurunkan resiko arrhythmia (detak jantung yang tidak beraturan), atherosclerosis (plak yang terbentuk pada dinding arteri) dan  dapat membantu menurunkan kadar trigliserida.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan salmon paling tidak dua kali dalam seminggu.

2. Buah Beri

Berbagai macam buah beri seperti stroberi, blueberry, dan aneka buah beri lain juga dapat menjadi pilihan untuk makanan sehat untuk jantung. Menurut penelitian yang melibatkan para wanita berusia 25 tahun, pengonsumsian blueberry dan stroberi tiga kali dalam sepekan dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung sebanyak 25% dibandingkan dengan mereka yang tidak atau mengonsumsi buah ini lebih sedikit.

3. Coklat Hitam

Beberapa penelitaian telah menunjukkan bahwa coklat hitam berkhasiat bagi tubuh terutama sebagai makanan sehat untuk jantung. Salah satu yang ditemukan bahwa mengonsumsi coklat hitam setiap hari dapat mengurangi resiko serangan jantung non-fatal dan stroke bagi orang-orang yang beresiko tinggi terhadap penyakit ini.

4. Jeruk

Dalam sebuah penelitian terakhir, wanita yang mengonsumsi flavonoid  yang terkandung dalam jeruk dan anggur dalam jumlah lebih memiliki resiko lebih rendah sebesar 19% dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit.

Selain sebagai salah satu makanan sehat untuk jantung buah jeruk juga kaya akan vitamin C yang sangat baik dalam menjaga vitalitas tubuh.

5. Kedelai

Olahan kedelai seperti tahu dan susu kedelai adalah cara yang paling tepat dalam mendapatkan protein tanpa kandungan lemak jahat dan kolesterol. Kedelai selain mengandung vitamin dan mineral juga dapat menurunkan tekanan darah. Dibandingkan dengan susu sapi dan sumber protein yang lain, protein pada kedelai dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Tak salah bukan jika kedelai merupakan makanan sehat untuk jantung.

6. Kentang

Kentang kaya akan potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan serat yang tinggi yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Oleh karena itulah kentang merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung, asalkan cara pengolahannya tepat bukan dengan cara deep fried seperti pada kentang goreng.

Ingin jantung tetap kuat dan sehat? mulailah mencoba mengonsumsi makanan-makanan sehat di atas…

~ Salam Sehat Jantung ~

Leave a Reply