Posted Thursday November 19, 2015 by YJI Socmed Team

Ternyata ini golongan darah yang beresiko terkena penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi setiap orang. Kita sebut saja serangan jantung, salah satu kondisi dimana bagian otot jantung mengalami sebuah kerusakan yang diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah menuju otot jantung. Bagian otot jantung yang biasanya dialiri darah mendadak berhenti namun setelah itu mengalir lagi dengan sendirinya. Banyak juga yang mengalami nasib buruk meninggal dunia yang diakibatkan dari penyakit jantung ini.

Gejala yang terjadi pada setiap orang mungkin mengalami beberapa perbedaan, namun gejala penyakit jantung bisa kita lihat ketika tubuh mengalami rasa sakit yang tidak jelas, ada rasa tidak nyaman, atau kadang mengalami sesak pada dada.

Penyakit jantung pun tidak datang begitu saja, biasanya ada penyebab yang mengakibatkan seseorang mengalami penyakit jantung. Beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya penyakit jantung seperti jenis kelamin, faktor usia, faktor keturunan dari keluarga, perokok pasif maupun aktif, diabetes, darah tinggi, obesitas atau kegemukan, ataupun stres yang diakibatkan oleh emosi yang berlebihan.

Golongan darah bisa membedakan resiko sakit jantung

Penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para ilmuwan menyebutkan mereka yang memiliki golongan darah A, AB, atau B memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi terjadinya penyakit jantung dan memiliki jangka hidup yang lebih pendek dari pada mereka yang memiliki golongan darah O.

Namun dengan penelitian tersebut bukan berarti mereka yang memiliki golongan darah selain O harus cemas, santai saja, kecemasan yang berlebihan akan menyebabkan stres yang akan berefek terjadinya penyakit jantung itu sendiri. Resiko penyakit jantung yang terjadi pada penelitian tersebut juga di pengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya olahraga dan kesehatan tubuh untuk keseluruhan.

Studi yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan tersebut mengumpulkan sekitar 50.000 data orang yang sudah termasuk kedalam lanjut usia dan menengah. Hasil yang mereka dapatkan menunjukan bahwa orang yang memiliki golongan darah A, AB dan B akan meninggal dan memiliki tingkat resiko 15 persen lebih tinggi yang diakibatkan oleh kardiovaskular.

Seorang ahli epideminologi yang ada di AS National Institude Of Health mengatakan “ ini sangat menarik, orang yang memiliki golongan darah selain O memiliki tingkat resiko lebih tinggi akibat penyakit tertentu” penelitian ini menunjukan mereka yang memiliki golongan darah A memiliki tingkat kolesterol tidak baik yang lebih tinggi.

Selain itu orang-orang yang memiliki golongan darah selain O juga memiliki kebiasaan atau kecederungan untuk mengalami pembekuan darah, yang pada waktu tertentu akan dapat mengakibatkan sebuah penyakit jantung.

Nah, berikut beberapa golongan darah yang memiliki resiko lebih besar untuk terjadinya penyakit jantung. Dengan mengetahui hal ini kita dapat melakukan beberapa hal atau kebiasaan yang bisa mengurangi terjadinya penyakit jantung itu sendiri.

Leave a Reply