Posted Saturday March 02, 2019 by YJI Socmed Team

Gejala dan Penyebab Gagal Jantung yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Penyakit gagal jantung, atau yang terkadang disebut payah jantung, adalah salah satu penyakit  yang membutuhkan perawatan medis khusus. Hal ini karena gagal jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang hingga saat ini sangat sulit untuk diatasi. Berbicara mengenai penyakit gagal jantung, salah satu cara mewaspadainya adalah dengan melihat gejala-gejala yang dirasakan oleh tubuh. Sebuah gejala tertentu yang dirasakan oleh tubuh menunjukkan bahwa tubuh sedang dalam keadaan yang tidak prima. Apa saja gejala umum pada Gagal Jantung?

Gejala gagal jantung

Gejala pertama adalah munculnya rasa nyeri yang teramat sangat pada dada. Rasa nyeri karena gagal jantung biasanya muncul tiba-tiba. Jika dibiarkan, semakin lama nyeri tersebut akan semakin sering muncul sehingga harus diwaspadai.

Adapun gejala kedua penyakit gagal jantung adalah munculnya rasa lelah ketika sedang melakukan aktivitas berat. Rasa lelah tersebut bukanlah seperti rasa lelah biasa ketika sedang menjalankan aktivitas padat. Biasanya, rasa lelah akibat gagal jantung, akan menyebabkan si penderita mengalami rasa pusing bahkan dalam kondisi tertentu bisa membuat penderita pingsan.

Gejala ketiga adalah munculnya rasa sesak nafas yang disertai nyeri pada dada. Rasa sesak nafas atau susah bernafas menandakan bahwa jantung anda sedang tidak dalam keadaan yang baik sehingga melakukan check up ke dokter adalah tindakan paling tepat yang harus anda lakukan. Sesak nafas yang diakibatkan oleh penyakit gagal jantung, tentu akan sangat menyiksa si penderita penyakit tersebut. Sesak nafas akan semakin lama semakin sering muncul terlebih ketika anda telah lelah beraktivitas.

Untuk gejala gagal jantung, yang keempat, adalah pembengkakan pada beberapa area tubuh seperti perut serta kaki. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang harusnya bisa mengalir lancar tidak bisa berjalan seperti seharusnya sehingga membuat beberapa pembengkakan pada anggota tubuh. Itu adalah beberapa gejala penyakit gagal jantung yang mudah diidentifikasi. Namun selain beberapa gejala tersebut, seringnya jantung berdetak tak beraturan juga bisa menjadi sebuah gejala gagal jantung, yang harus diwaspadai. Detakan jantung tak beraturan tersebut muncul secara tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas.

Penyebab gagal jantung

Setelah mengetahui gejala-gejala penyakit gagal jantung, ada beberapa penyebab gagal jantung yang harus diketahui. Penyebab paling sering ditemukan adalah terjadinya kerusakan otot jantung atau terjadi sebuah peradangan pada otot jantung yang mengakibatkan fungsi jantung menjadi tidak sempurna. Selain itu, penyumbatan pada arteri juga menjadi penyebab utama penyakit gagal jantung, yang berbahaya tersebut. Biasanya, penyumbatan arteri disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya penumpukan lemak dan kolesterol. Itulah mengapa menjaga kesehatan tubuh adalah hal utama yang harus selalu diperhatikan demi menghindari berbagai penyakit. Anda juga harus lebih sering memeriksakan tubuh pada dokter agar langkah pencegahan bisa dilakukan pada berbagai penyakit yang tidak baik untuk tubuh. Semoga informasi, tentang gejala penyakit gagal jantung, tersebut bermanfaat.

Leave a Reply