Posted Tuesday February 26, 2019 by YJI Socmed Team

7 Cara Mudah dan Praktis Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Sakit jantung merupakan penyakit yang bisa dikenali sejak dini, namun lebih sering ditemukan sudah dalam keadaan yang parah. Sehingga penanganannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebenarnya ada banyak cara mudah yang bisa dipraktekkan untuk  mencegah penyakit jantung seperti berikut ini :

1. Konsumsi bubur gandum

Menurut dr. Sarah seorang ahli Gizi, hanya dengan mengkonsumsi semangkuk bubur yang hanya mengandung beta glucan 3 gram mampu membuat 5-10% kolesterol menjadi turun. Untuk mencegah penyakit jantung anda bisa mengkonsumsi bubur gandum yang kaya serat dan beta glucan untuk membuat kolesterol jahat yang mengendap di pembuluh darah menurun. Zat pada gandum ini bisa mencegah penyakit jantung karena mampu mengubah dirinya menjadi pasta atau gel tebal yang kemudian membuat kolesterol di usus terikat dan menangkalnya agar tidak terserap dalam sirkulasi darah.

2. Jangan menahan pipis

Riset yang dilakukan terhadap orang yang mengidap sakit jantung yang dini di Negara Taiwan memberikan petunjuk jika terlalu penuhnya kantung kemih bisa memicu jantung berdegup lebih kencang dan menimbulkan tekanan yang tidak terlalu diperlukan di arteri koroner sehingga membuatnya berkontraksi.

3. Rutin membersihkan gigi

Sakit pada gusi dihubungkan dengan serangan jantung dan pengerasan yang terjadi pada arteri. Karena kuman dan bakteri pemicu gigi rusak dipersepsikan mengakibatkan peradangan yang sudah dihubungkan dengan penyakit pada jantung. Sehingga para pakar kesehatan menganjurkan kita untuk membersihkan gigi dengan menggosok dan membersihkan sisa makanan dengan benang gigi yang menyebabkan membuat masa lengket bakteri yaitu zat biofilm menjadi terpecah.

4. Berhenti menghisap rokok

Semakin cepat anda berhenti menghisap rokok bisa mencegah bisa mencegah penyakit jantung yang diakibatkan radikal bebas yang disebabkan oleh asap rokok. Dimana radikal bebas ini membuat endapan yang terdapat di pembuluh darah yang menimbulkan sumbatan. Selain dipicu asap rokok, radikal bebas juga ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor. Sehingga untuk menangkis radikal bebas dibutuhkan antioksidan semisal yang didapat sari sayur dan buah.

5. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Antioksidan bisa didapat dari sayur dan buah untuk mencegah penyakit jantung. Karena zat antioksidan ini mampu mengikat dan mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. makanan yang kaya antioksidan seperti: manggis, jeruk, tomat dll.

6. Cukupi istirahat anda

Dengan cukup tidur anda bisa mencegah penyakit jantung karena kurang tidur memaksa jantung memompa darah pada tubuh yang sudah seharusnya istirahat. Sehingga membuat jantung bekerja ekstra kuat dan menimbulkan serangan jantung bahkan meninggal.

7. Jaga pola makan

Anda bisa mengurangi konsumsi gula, makanan berlemak, berkolesterol, makanan kaleng, dll karena hal ini bisa memicu tekanan darah yang tinggi. Mengurangi konsumsi makanan tersebut bisa mencegah penyakit jantung yang harus ekstra memompa darah yang memiliki kandungan garam dan gula yang pekat.

Selain mencegah penyakit jantung dengan itu semua pola aktifitas juga harus diperhatikan, anda bisa rutin berolahraga 2 hingga 3 kali seminggu untuk membuat jantung anda sehat. Ikuti artikel terbaru di official website kami Yayasan Jantung Indonesia.

Leave a Reply