Posted Thursday October 15, 2015 by YJI Socmed Team

Penyakit Gagal Jantung dan Gejalanya

Gagal jantung dimana seseorang akan mengalami kondisi otot jantung yang pada saat itu terasa lemah sehingga membuat kinerja jantung tidak dapat lancar untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Gagal jantung ini banyak kaitannya dengan penyakit jantung lainnya seperti kerusakan pada katup jantung, penyakit jantung koroner, gangguan ritme jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, dan kekurangan sel darah merah atau anemia. Sebenarnya gagal jantung ini terdapat beberapa jenis, diantaranya ialah gagal jantung yang disebabkan oleh kerusakan katup jantung, gagal jantung yang disebabkan oleh lemahnya ruang jantung yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh, dan gagal jantung yang diakibatkan oleh kakunya vertical kiri atau ruang jantung, hal tersebut membuat jantung akan sulit untuk terisi darah.

Selain dari keterkaitan dari beberapa penyakit tersebut, gagal jantung juga bisa dipengaruhi dengan pola makan atau pola hidup yang kurang sehat. Setelah diamati oleh New York Heart Association (NYHA) mengungkapkan  bahwa gagal jantung dapat di bagi menjadi 4 kelas yang didasari dengan kapasitas fungsional seperti  :

NYHA I                : Gagal jantung asimptomatik tanpa batasan aktifitas fisik.
NYHA II               : Gagal jantung simtomatik dengan gejala ringan, hal ini terjadi hanya keterbatasan fisik yang ringan dan jika penderita tersebut istirahat rasa sakit akan menghilang.
NYHA III             : Gagal jantung dimana seorang pasien memiliki keterbatasan aktifitas fisik yang nyata. Tetapi aktifitas fisik ringan juga mampu membuat pasien mengalami kelelahan, sesak nafas, nyeri pada dada, dan berdebar-debar.
NYHA IV              : Dalam kelas keempat ini pasien sudah tidak mampu untuk melakukan aktifitas, jika pasien melakukan aktifitas maka pasien akan segera merasakan keluhan dan terasa sakit di dada.

Banyak dari gejala penyakit gagal jantung yang akan bisa kita rasakan dan bisa menjadi pemahaman kita untuk mengurangi resiko terjadinya gagal jantung. Gejala penyakit gagal jantung sebelah kanan yang mengakibatkan pengumpulan darah yang akan di alirkan ke jantung sebelah kanan yang mengakibatkan tejadinya pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, perut, dan tungkai. Hal tersebut menjadi gejala yang bisa kita rasakan dan kita lihat perubahan pada tubuh kita.

Gejala penyakit gagal jantung bagian kiri yang mengakibatkan sesak nafas yang sangat berat. Saat penyakit gagal jantung ringan, biasanya sesak nafas tidak terlalu kelihatan hanya saja kelihatan setelah melakukan aktifitas. Namun jika sudah parah, sesak nafas yang kita rasakan tidak hanya saat melakukan aktifitas melainkan saat istirahat.  Jika anda sudah merasakan dari beberapa gejala dari penyakit gagal jantung tersebut, maka sebaiknya anda segera periksakan diri ke dokter untuk melihat keadaan jantung anda. Untuk saat ini penyakit gagal jantung sudah ada obatnya dan juga sudah ada penyembuhan dengan cara bedah katup jantung, namun hal ini ada dua pilihan lagi yakni diperbaiki atau diganti.

Leave a Reply