Posted Tuesday September 29, 2015 by YJI Socmed Team

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup Yang Baik

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting. Fungsi dari organ tubuh manusia yang satu ini adalah untuk memompa serta menyebarkan darah yang sudah mengandung oksigen ke seluruh anggota tubuh serta membersihkan metabolisme yang dihasilkan oleh tubuh manusia.

Tidak hanya itu, masih banyak fungsi dari jantung untuk mendukung aktivitas manusia. apalagi untuk anda yang memiliki segudang aktivitas, anda harus memiliki jantung yang sehat untuk melakukan segala rutinitas yang sudah kita lakukan setiap harinya. Berikut beberapa gaya hidup yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

1. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Lakukan olahraga secara teratur yang membuat seluruh anggota badan anda melakukan gerakan seperti senam ataupun jalan kaki. Fungsi dari olahraga itu sendiri akan melancarkan peredaran darah ke seluruh anggota tubuh serta mensuplai kecukupan oksigen yang dihasilkan dari udara segar yang masuk kedalam paru-paru. Selain itu olahraga yang rutin akan membantu anda dalam mengendalikan berat badan yang akan berefek pada kesehatan jantung anda.

2. Hentikan Kebiasaan Merokok

Semua orang akan sepakat jika kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri paru-paru yang akan berimbas pada kurangnya suplai udara segar yang mengandung oksigen untuk disebarkan keseluruh tubuh. Jika kebiasaan merokok anda tidak bisa langsung berhenti, anda bisa melakukanya dengan cara mengurangi jumlah konsumsi rokok anda setiap harinya secara bertahap.

3. Jadikan teh hijau sebagai minuman favorit

Teh hijau adalah salah satu minuman yang sangat baik untuk mencegah kerusakan pada pembuluh darah karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Ganti minuman favorit anda menjadi teh hijau, meminum dua cangkir teh hijau setiap hari tanpa menggunakan gula akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

4. Lakukan Relaksasi Pada Tubuh Anda

Melakukan sebuah relaksasi akan sangat baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan mengurangi tingkat stres seseorang. Dengan tekanan darah yang stabil serta tingkat stres seseorang berkurang tentu akan semakin baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Hentikan sejenak rutinitas anda, buatlah tubuh anda menjadi sangat rileks atau anda bisa melakukan olahraga yoga maupun meditasi untuk menjaga kesehatan jantung anda.

5. Beristirahalah, lakukan tidur yang berkualitas

Tidur adalah waktu untuk tubuh melakukan pemulihan dengan sendirinya. Tidur yang baik untuk tubuh manusia adalah delapan jam secara penuh dalam satu harinya. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan kekurangan tidur pada malam hari akan mengakibatkan kerusakan pada jantung. Dengan memiliki tidur yang berkualitas tentu akan meminimalisir terjadinya resiko serangan jantung.

Demikian beberapa gaya hidup yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya serangan jantung dalam hidup anda. Lakukan kebiasaan tersebut, miliki jantung yang sehat, dan nikmati kehidupan anda.

Leave a Reply