Posted Wednesday September 23, 2015 by YJI Socmed Team

10 Tips Sederhana Mencegah Jantung Koroner

Manusia memang tidak selalu dianugerahi kesehatan, tapi tidak ada manusia yang menginginkan sakit yang berkepanjangan. Kita harus sebaik mungkin menjaga tubuh kita agar terhindar dari aneka macam penyakit, semakin maju sebuah zaman, semakin banyak pengelolaan bahan makanan yang menggunakan zat kimia berbahaya, kita harus menghindarinya, karena terlalu banyak mengkonsumsi zat berbahaya, akan menggangu fungsi tubuh kita, apalagi jantung.

Jantung koroner sangat berbahaya.

Sebelum anda terkena jantung koroner, sebaiknya anda mengatur langkah untuk melakukan pencegahan terhadap jantung koroner. Anda bisa melakukan tips sederhana dari Yayasan Jantung Indonesia agar tidak terkena jantung koroner, berikut uraiannya:

  1. Yang harus dilakukan pertama kali untuk mencegah jantung koroner, Periksalah tekanan darah anda secara teratur. Ini akan membuat anda bisa mengontrol tekanan darah .
  2. Kedua, upayakan jangan merokok. Berhentilah merokok, jika anda perokok berat dan merasa tidak bisa melakukannya, maka kurangi sedikit demi sedikit jumlah rokok yang anda hisap. Dan jangan sesekali menghirup asap rokok dari perokok lain, karena asap rokok  mengandung racun-racun yang sangat berbahaya
  3. Periksa kadar glukosa darah anda, apakah anda mengidap penyakit diabetes atau tidak, karena biasanya penyakit diabetes adalah tangga menuju jantung koroner.
  4. Menjaga bentuk badan agar tetap ideal, jantung koroner biasa menyerang orang-orang yang memiliki kelebihan badan atau obesitas. Maka dari itu menjaga berat badan agar tetap ideal itu penting.
  5. Lakukanlah diet rendah kolesterol dan hindari makanan yang memiliki kadar lemak jenuh.
  6. Berfikiran positif dan hindari stres atau perasaan cemas yang berlebih. Anda bisa melakukan relaksasi atau program santai agar tidak merasakan perasaan tersebut.
  7. Lakukan olahraga yang teratur, tak perlu olahraga yang berat atau ekstrim. Anda bisa melakukan jalan-jalan pagi atai jogging di pagi hari, manfaatkan sinar matahari di jam 6-8 pagi, karena terdapat kandungan Sinar Far Infra Red, lakukan minimal tiga kali dalam seminggu, tidak perlu jalan lama-lama, paling tidak 30 menit saja sudah bisa membantu anda.
  8. Anda juga harus melakukan check up yang teratur untuk mengetahui perkembangan yang anda alami. Agar anda bisa mengambil langkah selanjutnya.
  9. Makanlah makanan yang sehat, yang mengandung omega 3 dan serat yang berlimpah. Sayur dan buah akan memperbaiki saluran pencernaan anda.
  10. Mulai perbaiki pola hidup anda jadi lebih sehat, jangan terlalu sering makan-makanan yang berpengawet, hindari makanan kemasan.

Jantung memiliki fungsi penting bagi kita, untuk itu kita harus menjaga dan merawat fungsi tersebut agar tetap stabil dan melakukan tugasnya dengan baik. Salah satu yang mengincar adalah penyakit jantung koroner.

Saksikan video berikut yaitu Senam Jantung Sehat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.. Selamat berolahraga!

Leave a Reply