Posted Monday September 21, 2015 by YJI Socmed Team

Sejarah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung termasuk penyakit yang sangat berbahaya dengan tingkat ancaman serius berupa kematian. Ada beberapa jenis penyakit jantung diantaranya adalah penyakit jantung koroner yaitu penyakit jantung yang disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian pembuluh darah hingga membuat proses kinerjanya tidak berjalan secara maksimal.

Penyebab Sakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner dapat terjadi akibat beberapa hal seperti radikal bebas, darah tinggi atau hipertensi, kelebihan kolesterol, mengkonsumsi rokok, dan lain-lain. Biasanya penderita penyakit jantung koroner mengalami kerusakan pada bagian pembuluh darah arteri yang lebih sering lantaran kandungan kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol berlebih tersebut akan mengendap dalam pembuluh darah yang lambat laun terus tertimbun hingga menjadi gumpalan atau plak. Akibatnya ruang aliran pembuluh darah akan menyumbat sehingga memaksa jantung bekerja lebih ektra dalam memompa aliran darah. Apabila hal itu terus berlangsung untuk jangka waktu lama, pembuluh arteri koroner semakin sempit dan keras atau yang biasa disebut dengan istilah arterosklerosis. Salah satu penyebab lain penyakit jantung koroner adalah radikal bebas yang dapat bersumber dari asap rokok, polusi udara, polusi bahan kimia, polusi elektro magnetik, ataupun polusi yang berasal dari tubuh sendiri .

Apabila pembuluh arteri koroner sudah rusak ataupun mengalami penyumbatan, jantung akan kekurangan asupan darah yang membawa oksigen. Selain ancaman penyakit jantung ada hal lain yang bisa terjadi jika jantung tak mendapatkan asupan oksigen secara cukup yaitu Angina Pectoris yang menyebabkan penderita akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada bagian dada, sesak nafas, ataupun beberapa rasa keluhan lain pada bagian dada. Selain Angina Pectoris, kerusakan pembuluh arteri Koroner juga bisa mengakibatkan Infark Miokard yaitu timbulmya otot pada bagian pembuluh yang sudah mengalami plak yang membuat aliran darah menuju jantung terganggu. Infark Miokard sendiri bisa mengancam kerusakan otot jantung secara permanen.

Penyakit Jantung Koroner, penyebab kematian nomer 1 di Indonesia

Di Indonesia, penderita penyakit jantung Koroner terus mengalami peningkatan. Bahkan sejak tahun 1996 silam, peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia ditempati oleh penderita penyakit jantung koroner yang sebelumnya menempati urutan ketiga.

Penyakit jantung koroner tak hanya menjadi ancaman serius di Indonesia, bahkan di Negara maju seperti Amerika Serikat penyakit jantung koroner juga menjadi penyebab tertinggi angka kematian. Menurut data lapangan, penderita yang mengalami penyakit jantung koroner lebih disebabkan lantaran mengkonsumsi daging secara berlebih tanpa diimbangi dengan olahraga yang akhirnya membuat meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

Penyakit jantung koroner banyak disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat yang meliputi tiga pokok yaitu mengkonsumsi makanan yang manis dan berlemak secara berlebihan atau yang disebut dengan GlikoLipo Toksisit, terbiasa hidup santai tanpa melakukan aktifitas secara fisik dan kurang berolahraga atau Sedentary Living, serta hidup pada lingkungan yang tak sehat  yang penuh dengan radikal bebas serta meningkatnya polusi udara.

Leave a Reply