Posted Thursday February 07, 2019 by YJI Socmed Team

6 Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung

Setiap penyakit yang diderita manusia sudah semestinya ada ciri-ciri atau gejala perubahan terhadap tubuh manusia. Untuk itu banyak peneliti atau ilmuan yang dengan sengaja melakukan penelitian untuk mengenali beberapa ciri-ciri penyakit jantung dengan meneliti mulai dari bayi, remaja, hingga orang tua. Sudah semestinya dari kalangan bayi, remaja dan orang tua ciri-ciri penyakit jantung sudah berbeda, walaupun sama hanya sedikit. Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit jantung akan memudahkan orang untuk lebih waspada dengan perubahan pada tubuh yang memungkinkan perubahan tersebut merupakan gejala penyakit jantung atau berbagai penyakit lainnya yang sebelumnya belum kita ketahui.

Penyakit Jantung Pembunuh no.1 di Dunia

Penyakit jantung merupakan penyakit yang diyakini banyak orang yang merupakan penyakit pembunuh nomor 1, sudah banyak penderita penyakit jantung yang tidak tertolong nyawanya. Hal tersebut juga sudah dilakukan penelitian disebuah rumah sakit yang menyatakan bahwa di tahun 2008 ada 7,25 juta orang yang meninggal karena penyakit jantung. Untuk itu kita wajib mengetahui ciri-ciri penyakit jantung dan mengetahui pencegahannya atau pengobatannya. Terkadang kita juga tertipu dengan ciri-ciri penyakit jantung yang sama dengan ciri-ciri penyakit lainnya. Untuk itu harus tahu benar ciri penyakit jantung sesungguhnya.

Namun yang juga perlu diperhatikan ialah sakit jantung dan serangan jantung, untuk sakit jantung ialah ketidak mampuan jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh, sedangkan serangan jantung ialah pengecilan atau penyumbatan pembuluh darah yang membawa sari makanan dan oksigen menuju jantung. Namun dari semua itu ada ciri-ciri yang harus diketahui seperti halnya :

Ciri-Ciri_Gejala_Penyakit_Jantung

1. Nyeri Dada. Gejala atau ciri awal seseorang terserang penyakit jantung ialah terasa nyeri dibagian dada, pasalnya seseorang yang terserang penyakit jantung nyeri dada disebabkan oleh penyumbatan arteri yang megakibatkan darah tidak dapat mengalir menuju seluruh tubuh. namun gejala tersebut bisa saja dirasakan oleh penyakit lain

2. Sakit pada bagian kepala. Seseorang yang mengalami penyakit jantung atau masih tahap awal, saat berada dibawah terik matahari kepala terasa sakit. Jika sudah terasa sakit pada bagian kepala, bisa mempengaruhi denyut jantung yang menjadi lebih cepat atau lambat. Hal tersebut juga dijelaskan oleh peneltiti yang diterbitkan oleh Academy of eurology dimana adanya penyimpanan sirkulasi darah.

3. Sesak Napas. Sesak napas sudah banyak diketahui orang bahwa ciri tersebut merupakan ada kelainan terhadap jantung. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang akan disebarkan keseluruh tubuh yang akhirnya menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, katup jantung mengalami kelainan, dan juga penebalan pada otot jantung.

4. Merasa Mual. Ciri-ciri penyakit jantung lainnya ialah penderita akan sering merasakan mual yang mengakibatkan penderita akan berkurang nafsu makannya, awal gejala tersebut ialah perut akan terasa membengkak, namun perut bagian dalam juga merasakan yang megakibatkan mual.

5. Mudah Lelah. Salah satu ciri lainnya adalah merasa mudah lelah, walau pun tidak banyak melakukan aktivitas, seperti baru bangun tidur misalnya.

6. Keringat Dingin. Kita harus mulai waspada ketika tubuh mengeluarkan keringat dingin, sedangkan tubuh tidak melakukan aktivitas berat, misalnya olahraga.

Jika sudah terdapat ciri-ciri terkait penyakit jantung tersebut, maka sebaiknya harus teliti dan peka terhadap perubahan tubuh kita. Jika merasakan salah satu ciri tersebut sebaiknya kita segera konsultasikan dengan dokter dan minta penjelasannya. Namun hal yang paling penting ialah menjaga dan mencegah jantung kita tetap sehat dengan pola hidup sehat.

Leave a Reply