Posted Sunday December 14, 2014 by YJI Socmed Team

Awas! Bahaya Hipertensi di Depan Mata

Tahukah Anda, pada sebagian besar orang, hipertensi tidak menyebabkan gejala tertentu. Hipertensi baru ketahuan ketika tekanan darah diukur dokter atau ketika komplikasi terjadi, seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Ini berarti bahaya hipertensi hadir di depan mata.

Tekanan darah merujuk adalah tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut – 120 /80 mmHg. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole.

Adalah normal jika tekanan darah naik dan turun pada siang hari, tetapi jika tekanan darah Anda tetap tinggi untuk waktu yang lama (biasanya tiga bulan ), ini patut waspada: Anda memiliki tekanan darah tinggi .

Apa yang menyebabkan tekanan darah tinggi?

Pada kebanyakan orang, hipertensi terjadi karena faktor keturunan. Kadang-kadang ginjal atau penyakit kelenjar mungkin bertanggung jawab menjadi penyebab hipertensi. Faktor lainnya adalah gaya hidup; mengonsumsi alkohol yang berlebihan, asupan garam yang tinggi, kurangnya aktivitas fisik, dan kelebihan berat badan.

ketahui lebih lanjut:

alat omronJika Anda telah diberitahu berada pada risiko tekanan darah tinggi atau faktor risiko lain, lakukanlah pemeriksaan kesehatan jantung tahunan. Hubungi dokter perawat / praktek untuk informasi lebih lanjut. Jika dokter Anda telah memberikan resep obat untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda, patuhi aturan itu. Jika Anda mengonsumsi obat tekanan darah, monitor terus tekanan darah itu dengan rajin melakukan pemeriksaan tekanan darah setiap tiga bulan. Jika semuanya terkendali, lakukan pmeriksaan setiap enam bulan. Ingat, segera lapor ke dokter jika merasakan efek samping dari obat yang dikonsumsi.

makananApa yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah? Ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang dapat membantu Anda mengatur kendali: • Menurunkan berat badan, dengan target mempertahankannya pada kisaran indeks massa tubuh 18,5-22,9kg/m2 • Mengonsumsi banyak buah dan sayur. • Secara bertahap mengurangi garam dalam diet Anda: tidak lebih dari enam gram natrium. Periksa juga sodium pada label makanan . • Rajin berolahraga • Berhenti merokok • Mengurangi jumlah alkohol yang Anda minum.

 

Leave a Reply